Ronny Tegaskan Siap Jalankan Arahan Pempus

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny bersama Bupati Sintang Jarot Winarno dan Sekretaris Daerah Yosefa Hasnah mendengarkan arahan dari Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani  mengenai rasionalisasi anggaran dalam mempercepat penanggulangan  wabah Covid-19 di Indonesia.

Menteri Sri Mulyani menyampaikan arahannya secara daring melalui video conference, sementara Bupati,  ketua DPRD dan Sekda Sintang  mendengarkan arahan dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Sintang, Jumat (17/04/2020) kemarin.

“Kita mendapat arahan dari pemerintah pusat,yaitu Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani untuk melakukan rasioalisasi anggaran bila dibutuhkan dalam rangka penanganan dan cegah covid-19 di daerah,” terang Ronny usai video conference.

Sebetulnya DPRD Sintang terang Rony telah merasionalisasikan anggaran bimbingan teknis anggota DPRD untuk membantu pemerintahan daerah.  Jika digabungkan dengan dana sekretariat DPRD anggaran dari lembaga legislatif tersebut lebih dari 1,1 miliar untuk penanganan corona.

” beberapa waktu lalu, saya sudah rapat dengan pimpinan fraksi-fraksi DPRD dan kita sepakat  anggaran bimtek 40 anggota DPRD dialihkan untuk penanganan dan pencegahan virus corona di Kabupaten Sintang,” ujarnya.

Meski demikian Ronny  menegaskan DPRD Sintang siap merasionalisasi kembali anggaran bila diperlukan.”Jadi arahan tersebut baru wacana namun pada intinya kita siap. Apapun keputusan pemerintah pusat kita di daerah siap menjalankannya termasuk merasionalisasikan  anggaran kita,” tegasnya.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan tahun 2020 ini sulit untuk mencapai target pembangunan yang telah ditetapkan. Beberapa kebijakan dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat dalam rangka penanganan Covid-19, tentunya berdampak kepada kebijakan pengelolaan keuangan negara dan keuangan daerah.

“Fokus saat ini lebih kepada sektor kesehatan, penanganan terhadap ancaman yang membahayakan ekonomi nasional serta perlindungan masyarakat miskin, akan tetapi kita berharap agar semua ini cepat berlalu dan bisa kembali melaksanakan berbagai program dan pembangunan daerah yang kita cintai ini,” ungkapnya. (mo)

__Terbit pada
18/04/2020
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya