DPRD Sintang Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati Sintang Tahun 2019

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  (DPRD) Kabupaten Sintang menyampaikan rekomendasi  terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Sintang tahun anggaran 2019.

Sebelum diserahkan kepada Bupati, rekomendasi yang merupakan keputusan DPRD tersebut dibacakan oleh anggota DPRD Sintang fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Santosa dalam rapat paripurna khusus di Ruang sidang utama DPRD Sintang,  Kamis (16/04/2020).

Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny mengatakan paripurna khusus wakil rakyat tersebut dalam rangka penyampaian keputusan DPRD tentang rekomendasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang terhadap LKPJ Bupati Sintang tahun 2019.

“dengan telah disampaikannya laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Sintang tahun 2019 pada tanggal 7 April tahun 2020 yang lalu oleh saudara Bupati Sintang dan kita ketahui bersama penyampaian laporan dimaksud merupakan implementasi pasal 1 ayat 2 peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah,” ujarnya.

Pada ketentuan pasal 22 ayat 1 dan 2 peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD provinsi kabupaten kota yang mengamanatkan bahwa hasil pembahasan atas laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah ditetapkan dengan keputusan DPRD untuk selanjutnya keputusan DPRD disampaikan kepada kepala daerah dalam rapat paripurna yang bersifat khusus sebagai rekomendasi kepada kepala daerah untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah kedepan.

“menyikapi materi laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Sintang yang telah disampaikan tersebut dan DPRD sesuai kewenangan yang dimiliki melaksanakan fungsi pengawasan atas penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan yang dalam konteks pembahasan melalui panitia khusus diberi amanah melaksanakan pembahasan baik secara internal panitia khusus maupun rapat kerja dengan pemerintah kabupaten Sintang guna mempertajam memperjelas dan mempertegas setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2019,” terangnya.

Dia mengatakan tema pembangunan tahun 2019 pemerintah kabupaten Sintang yaitu penurunan angka kemiskinan melalui peningkatan infrastruktur dasar sanitasi dan optimalisasi air bersih serta peningkatan energi baru terbarukan. Tentunya penajaman penilaian penjelasan dan telaah terhadap materi dan substansi laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Sintang tahun 2019 oleh DPRD melalui panitia khusus mencakup tiga provitas pembangunan daerah sebagai berikut yakni penurunan angka kemiskinan, peningkatan infrastruktur dasar dan sanitasi  serta optimalisasi air bersih peningkatan sumber energi baru terbarukan.

“dengan harapan prioritas yang dijabarkan dalam program-program dan kegiatan-kegiatan pembangunan tersebut telah terealisasi pada tahun anggaran 2019 secara optimal tepat sasaran dan tempat tujuan sebagaimana telah termuat dalam laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Sintang,” pungkasnya. (mo)

__Terbit pada
16/04/2020
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya