Dewan Apresiasi Penanganan Covid-19 di Sintang

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Anggota DPRD Kabupaten Sintang Fraksi Nasdem, Rudy Andreas mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Sintang dalam menangani pandemi Covid-19. Pemkab Sintang dinilai telah bergerak di berbagai lini. Dia cukup terkesan dengan skema penanganan yang sudah dilakukan maupun telah dirancang oleh Pemkab Sintang

“Pemerintah sudah sangat respon dampak dari pendemi virus corona. Kita sangat mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Sintang melalui dinas terkait dalam gerakan penanganan dan kesigapan untuk mengantisipasi Covid 19 ini,” ujar Rudy di DPRD Sintang, Jumat (03/04/2020) kemarin.

Rudy mengatakan di Kecamatan Serawai baru saja kedatangan sejumlah karyawan perusahaan dan mahasiswa yang pulang kuliah di daerah lain. Mereka telah ditetapkan sebagai orang dalam pantauan (ODP) oleh Dinas Kesehatan Sintang. Puskesmas Serawai sudah bekerja sama dengan semua pihak untuk memantau dan mengantisipasi situasi yang ada.

“orang dalam pantauan (ODP) di Kecamatan Serawai lumayan banyak ada 21 orang, mereka adalah karyawan perusahaan dan mahasiswa yang baru pulang kekampung halaman. Terdeteksinya mereka sebagai ODP bukti bahwa Dinkes Sintang cepat tanggap,” ungkapnya.

Rudy menilai koordinasi pemerintah kecamatan dengan instantsi terkait sudah sangat bagus, “Saya Juga berterima kasih kepada Forkopimcam Serawai yang selalu aktif memantau langsung semua kegiatan masyarakat,” ungkapnya.

Rudy mengatakan, dengan adanya pantauan ketat dari Dinas Kesehatan dan data yang rinci hingga data ODP di tingkat kecamatan, diharapkan masyarakat dapat lebih mawas diri khususnya yang berada di luar Kota Sintang. Rudy juga mengingatkan, kewaspadaan pada penyebaran covid 19 juga harus dilakukan secara baik hingga ketingkat kecamatan dan desa.

“Pesan kita untuk kawan-kawan, saudara-saudari di kecamatan lain, melalui puskesmas-puskesmas yang ada serta semua masyarakat Sintang, terus semangat, jangan lelah lawan Covid ini sampai tuntas dan kita harus menang dari virus mematikan ini,” pesannya.

Direktur Rumah Sakit Pratama Serawai, dr. Andar mentakan 21 ODP di Serawai. Mereka sudah dihimbaukan untuk melakukan karantina mandiri.  “Puskesmas Serawai sebagai leading sector juga sudah menyiapkan sejumlah alat pelindung diri (APD) sebagai kesiapsiagaan untuk mengantisipasi dan memantau ODP yang ada,” pungkasnya. (Mo)

 

 

__Terbit pada
05/04/2020
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya