Dewan Sintang Dukung Alokasi Anggaran untuk Cegah Covid-19

Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Kasus Virus Corona di Indonesia terus mengalami peningkatan. Upaya penanganan dan cegah Covid-19 tersebut memerlukan biaya yang cukup besar. Pemerintah Pusat pun mendorong daerah agar merevisi APBD 2020 untuk menaggulangi pandemi covid-19 di daerah.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan rencana bedah postur APBD tersebut sesuai Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2020. “Di situ Presiden menginstruksikan, mari kita bedah APBD kita. Lalu dana yang tidak penting benar kita pangkas. Kemudian kita letakkan ke dalam penanggulangan covid-19 di Kabupaten Sintang,” ucapnya.

Ia mengatakan, Covid-19 berdampak juga kepada ekonomic shock, rupiah anjlok, kapasitas fiskal negara terus terkuras, juga dana untuk melawan corona juga besar. “Sehingga dibutuhkan improvisasi, inovasi, dan ide-ide cerdas dari Pemkab dan DPRD Sintang untuk mengalokasikan dana yang terbatas untuk masyarakat Kabupaten Sintang,” jelasnya.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny mengatakan pihaknya sangat mendukung revisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 guna pencegahan maupun penanganan covid-19.

Dia mengaku sudah minta persetujuan semua ketua Fraksi di DPRD Sintang, bahwa pihaknya mendukung Tim Anggarn Pemerintah Daerah (TAPD) dalam merevisi APBD 2020.

“ Apalagi sudah ada instruksi Presiden Nomor 4 terkait bolehnya revisi anggaran APBD 2020, Sepanjang sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dan diperuntukan pada hal-hal yang darurat, kita sangat mendukung. Katakanlah untuk fasilitas kesehatan dan untuk masyarakat dan hal hal penting lainnya kita dukung,” tegasnya.

Terkait anggaran tersebut, Ronny menegaskan tidak ada masalah dan pihaknya siap merealisasikan revisi anggaran untuk penanganan dan cegah covid-19.

“Jadi, untuk masalah duit hampir ndak ada masalah. Dari DPRD pasti setuju lah. Dengan catatan, hasil revisi anggaran tersebut betul-betul digunakan untuk pencegahan maupun penanganan covid-19,” ucapnya. (mo)

__Terbit pada
26/03/2020
__Kategori
Parlemen, Sintang