Pejabat Di Setda Banyak Mutasi Ke OPD Lain, Sekda Sintang Lakukan Pisah Sambut

Pejabat Di Setda Banyak Mutasi Ke OPD Lain, Sekda Sintang Lakukan Pisah Sambut

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si menggelar acara pisah sambut dengan Pejabat Struktural yang pindah ke OPD lain maupun yang masuk ke lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang di Ruang Lobby Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Rabu (15/01/2020).

Pada kesempatan itu, Dra. Yosepha Hasnah, M. Si mengucapkan selamat kepada pejabat yang telah mendapatkan promosi maupun mutasi. “Dalam sebuah organisasi, terutama organisasi pemerintahan, promosi dan mutasi adalah hal yang biasa, undang-undang  no. 5 tahun 2014 dikatakan bahwa PNS berhak untuk promosi dan mutasi berdasarkan beberapa indikator misalnya kompetensi, kualifikasi dan persyaratan lainnya. Kepada yang belum mendapatkan kesempatan baik itu promosi maupun mutasi, lebih giat lagi dalam belajar dan disiplin” lanjutnya.

Yosepha mengatakan bahwa saat ini semua Asisten di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang baru dan begitu juga dengan ketujuh Kabagnya, total hanya 3 Kabag saja yang masih menetap di Setda Sintang. Ia pun mengungkapkan bahwa Ia merasa kehilangan pejabat-pejabat yang lama. “Mengenai solidaritas di jaman yang dulu, sangat luar biasa dan banyak prestasi yang didapatkan. Saat ini standar pelayanan publik yang awalnya zona merah, sekarang sudah menjadi zona hijau” ungkapnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada ketiga Asisten dan ketujuh Kabag yang luar biasa dan membanggakan. Prestasi, komitmen, loyalitas dan kinerjanya memang luar biasa. Saya berpesan, berkinerja yang baik karena kedepan persaingan semakin ketat, tapi saya tahu bahwa potensi bapak dan ibu luar biasa” ungkap Yosepha.

Yosepha juga turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh staf. Ia mengakui bahwa seluruh staf di Sekretariat Daerah adalah tim yang solid sehingga banyak prestasi yang didapatkan. “Tapi bagi saya bukan prestasinya yang saya kejar, tapi memang optimalisasi pelayanan kepada masyarakat itu yang saya kejar” lanjutnya.

Yosepha juga berpesan bahwa masih banyak hal yang perlu diselesaikan di tahun 2020, salah satu tantangan yang saat ini sudah didepan mata yaitu bagaimana mensukseskan penambahan runway bandara, penebalan runway, penyambutan presiden dan pilkada pada bulan September. Terkait dengan Pilkada tahun 2020 ini, Yosepha berpesan agar ASN tetap profesional, netral dan bijak dalam menggunakan sosial media dengan tidak berkomentar yang negatif.

“Untuk teman-teman yang masuk ke Setda saya berharap kita tetap solid dan kompak untuk melaksanakan seluruh program dan kegiatan kita. Saya juga mohon dukungan dari teman-teman OPD agar bekerja sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati” tutupnya.

“Puji Tuhan akhirnya saya bisa disini, berkat dari Tuhan. Pengalaman saya yang kurang lebih 11 tahun di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, saya menjajaki mulai dari menjadi guru selama 7 tahun, kemudian menjadi kepala sekolah selama 5 tahun, menjadi pengawas kurang lebih 6 bulan, menjadi Kasi selama 4 tahun, menjadi Kabid kurang lebih 2 tahun lebih dan menjadi sekretaris kurang lebih selama 3 tahun. Awalnya saya hampir kehilangan semangat untuk ikut lelang, namun ada dorongan yang luar biasa bagi diri saya, berkat dari Tuhan” ungkap Yustinus J, S.Pd, M.A.P selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang pada awal kata sambutannya.

Pada kesempatan itu, Yustinus mengatakan bahwa sebagai asisten II, banyak tugas yang harus dijalani terutama bersama Sekda. Ia pun memohon bimbingan dan arahan dari Sekda selaku pimpinan secara langsung. Ia  pun mengatakan bahwa arahan dan bimbingan dari Sekda akan Ia laksanakan  dan siap untuk belajar di tugas yang baru ini. Ia pun juga berharap akan terjalin komunikasi yang baik dengan bagian-bagian yang ada di Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang. “Masukan, kritikan dan saran mulai dari Sekda sampai dengan staf untuk membangun dan memperbaiki diri saya supaya dalam pelayanan, melaksanakan tugas dan kegiatan agar dapat berjalan dengan baik, saya sangat berterima kasih, saya selalu terbuka kepada rekan-rekan semua, karena ini adalah pengalaman yang saya jalankan mulai dari saya lapangan, jadi itulah kunci keberhasilan, kalau kita ada komunikasi mulai dari bawah. Untuk memperbaiki diri kita dan untuk melaksanakan tugas kita, supaya pelaksanaan kegiatan kita sesuai dengan tupoksi dan berjalan dengan baik” tutupnya.

Pada kesempatan itu, Abdul Syufriadi, SH, M.Si juga turut menyampaikan kesannya, bahwa selama menjabat menjadi Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang kurang lebih 2 tahun 8 bulan. Ia mengakui bahwa banyak ilmu yang ia dapatkan dari Sekda dan beberapa mitra kerja selama menjabat walaupun pada awalnya beliau sempat bingung dengan tugasnya.

Ia mengakui bahwa suasana kerja di Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang sangat enak, beliau pun merasa selama menjabat menjadi Asisten I kekompakan terjalin, baik antar Asisten maupun dengan staf di Sekretariat Kabupaten Sintang.

Ia pun berpesan bahwa ada beberapa pekerjaan yang masih perlu ditindaklanjuti dan diselesaikan, khususnya masalah batas, pemekaran, pembinaan kecamatan dan peningkatan desa, selain itu beliau juga berpesan agar terjalin kerjasama yang baik.

Pada akhir acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si memberikan cinderamata kepada ketiga Asisten yang terdahulu sebagai kenang-kenangan. Begitu pula, Yustinus J, S.Pd, M.A.P selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang yang memberikan cinderamata kepada pejabat Setda Sintang terdahulu. Terdapat 21 pejabat dan staf Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang mendapatkan promosi dan dimutasi ke bagian dan OPD lain.

mediakapuasraya

Top