Taman Bungur Dibangun Melalui CSR Bank Kalbar, Dukung Sintang Layak Anak

Taman Bungur Dibangun Melalui CSR Bank Kalbar, Dukung Sintang Layak Anak

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Sebagai upaya untuk memenuhi hak-hak anak terutama taman untuk bermain, Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH melakukan presmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kabupaten Sintang di kawasan Taman Bungur, depan Pendopo Bupati Sintang, Kamis (28/11/19) sore.

Hadir pada acara ini, Pimpinan Bank Kalbar Cabang Sintang Bachtiar, sejumlah pimpinan OPD Kab. Sintang, komunitas Trush Hero Indonesia Chapter Sintang, Forum Anak Sintang, Sintang English Camp  dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) ini merupakan wujud keadilan dari pembangunan yang inklusif, inovatif dan sustainable (berkelanjutan). Terutama untuk memenuhi kebutuhan hak-hak anak sebagai wadah bermain dan berekreasi di ruang publik terbuka.

“RPTRA adalah satu dari rekomendasi forum anak sintang, ye nda. Ini sudah kita realisasikan satu, masih ada berapa tu 16 kalau tidak salah rekemendasi mereka”ungkap Jarot.

Pembangunan RPTRA ini di sampaikan Jarot merupakan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Kalbar sebesar Rp. 350.000.000,00 (tiga ratus lima puluh juta rupiah). Karena Pemkab. Sintang adanya keterbatasan angggaran sehingga dengan adanya CSR ini Pemkab sangat merasa terbantu.

“Kita bangun anggaran tidak ada, kita lobi pimpinan bank kalbar, saya datang langsung tu, khusus saya datang, langsung di sepakati anggaran sebesar itu untuk bangun RPTRA di taman bangur ini”ucap Jarot.

Jarot menambahkan selain RPTRA di Taman Bungur ini masih ada beberapa taman yang sedang di bangun dan di tata saat ini seperti Taman Entuyut, Skate Park di taman alun-kapuas depan kantor Bupati, Taman Asoka dan Taman Teratai. Karena menurut Jarot yang membedakan kota satu dengan kota lainnya itu adalah tamannya. Untuk itulah Pemkab Sintang berupaya untuk membangun.

“saat ini juga sedang di bangun waterpront di kawasan dermaga sui durian tu sepanjang 220 meter, itu pasang turap di sungai melawi kapuas tu, kemudian ada jeda limameteran kali ya, itu akan dibikin jalur hijau semua, tahun depan akan di tambah lagi, jadi total panjangnya nanti 580 meter sampai ke dermaga”jelas Jarot.

Sementara itu Pimpinan Bank Kalbar Cabang Sintang Bachtiar mengatakan pembangunan RPTRA di kawasan Taman Bungur ini memang merupakan csr Bank Kalbar sebagai upaya untuk mendukung Pemerintah Daerah Sintang dalam bidang pembangunan. Terlebih Kabupaten Sintang ini merupakan pemegang saham terbesar kedua untuk Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat. Sehingga porsi untuk Kabupaten Sintang perlu di kedepankan.

“Kita mendukung penuh program-program pemerintah sehingga kota sintang ini bisa makin bertambah indah, dan tentunya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar yang mungkin akan berjualan di daerah sekitar taman ini”kata Bahtiar.

Untuk itulah Bachtiar berharap keberadaan RPTRA ini bisa di rawat dengan baik sehingga dapat di gunakan dalam jangka waktu yang lama. “Saya harap kita ikut menjaga dan merawatnya,sehingga tidak menutup kemungkinan tahun-tahun depan kita bisa merancang kembali tempat-tempat mana yang bisa kita alokasikan CSR  Bank Kalbar, sehingga kota sintang nantinya bertambah lebih indah”tutup Bachtiar.

mediakapuasraya

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top