Mainar Apresisasi Kinerja Bidan di Daerah Pedalaman dan Perbatasan 

SINTANG [www.mediakpuasraya.com] – Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Mainar Puspa Sari mengatakan, bahwa bidan memiliki peran penting dalam kehidupan, terutama masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman dan perbatasan.

Hal itu disampaikannya bukan tanpa alasan, mengingatdaerah pedalaman dan perbatasan sana tentu sulit untuk mencari dokter, hanya bidanlah yang dapat diandalkan.

“Bidan ini bisa dijadikan hal yang paling penting dalam kehidupan masyarakat, karena bisa mengantikan peran dokter, apalagi di kampung-kampun pedalaman sana,” ujarnya ditemui di kantor DPRD Sintang, belum lama ini.

Maka dari itu, kata Mainar sangat-sangat dibutuhkan keahlian bidan yang mumpuni, karena otomatis di kampung pedalaman sana otomatis fasilitas kesehatan sangat kurang dan tidak tersedianya rumah sakit.

“Disitulah dibutuhkan bidan yang sangat mumpuni, terutama dalam hal persalinan ibu yang lagi hamil. Jadi selain bidang medis, bidan juga harus menguasi bidang non medis, terutama alternatiflah untuk membantu persalinan itu,” terangnya.

Yang jelas terang Poilitisi Partai Demokrat ini, bidan harus bisa menekan anka kematian ibu dan bayi. Terus untuk membantu program keluarga berencana, termasuk menekan angka stunting juga. “Intinya bidan ini memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Makanya bidan harus memiliki kemampuan yang mumpuni, terutama yang bertugas di daerah pedalaman sana,” terangnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih terhadap pengorbanan bidan-bidan, khususnya yang ada di Kabupaten Sintang yang telah rela dan mau bertugas di daerah pedalaman dan perbatasan. “Itu pengorbana yang sangat luar biasa, patut kita beri apresiasi,” pungkasnya. (Mo)

Timot Timot

Related posts

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top