Rayakan Sumpah Pemuda, Unka Gelar Seminar, Kurniawan Berikan Materi

Rayakan Sumpah Pemuda, Unka Gelar Seminar, Kurniawan Berikan Materi

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Pelaksana Tugas Harian Asisten Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Bidang Pemerintahan, Kurniawan, S.Sos.,M.Si memberikan materi pada kuliah umum di Universitas Kapuas Sintang, Kamis (31/10/2019). Kegiatan ini diadakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kapuas Sintang dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91. Kegiatan tersebut mengusung tema, ‘strategi pemuda bersatu dalam proses pengembangan bangsa’.

Dunia yang terbuka dimulai dari pikiran yang terbuka. Begitulah kalimat pembuka dari pria yang juga alumni angkatan pertama dari Universitas Kapuas. Materi kuliah umum yang disampaikan oleh Kurniawan kali ini diberi judul ‘Pemuda dan persatuan bangsa’.

“Di Indonesia muncul fenomena sumpah pemuda, merupakan contoh orang-orang muda yang memiliki pikiran terbuka khususnya dalam menyikapi keberagaman yang ada,” papar Kurniawan.

Keterbukaan menjadi pondasi untuk membangun masyarakat, bangsa dan negara. Sumpah pemuda adalah sebuah bentuk kemajuan. Tugas pemuda Indonesia masa kini ialah untuk mempertahankan pola pemikiran terbuka tersebut.

Pemuda itu agen perubahan. Pemuda di Indonesia, besar jumlah dan kualitasnya. Pemuda memiliki peran penting dalam pembangunan. Pemuda harus mampu membangun kebutuhan untuk menjaga persatuan bangsa; menciptakan visi dan tujuan untuk memperkuat persatuan bangsa; membangun dukungan untuk merawat persatuan bangsa; mengelola proses merawat persatuan bangsa; serta memelihara momentum persatuan bangsa.

“Banggalah anda semua ini, berada pada fase anak muda,” tegas Kurniawan. “Kita berharap pemuda Indonesia kedepan yang idealis dan ideologis. Kuncinya dengan menghidupi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika,” pungkasnya.

Darmansah, SE.,MM, Wakil dekan III Bidang Kemahasiswaan Universitas Kapuas Sintang mengatakan mengenai para pemuda sejak dulu sudah menjadi contoh dalam persatuan dan kesatuan. Sekarang pun masih bisa dilihat begitu besar antusias mahasiswa untuk hadir dalam kuliah umum tersebut. Ia mengingatkan bahwa kebersamaan kaum muda perlu ditopang dengan kualitas SDM. Pendidikan yang baik tidak selalu di dalam kelas kecil tapi juga belajar bersama dalam kuliah umum. Isi hari dengan terus belajar dan belajar.

“Kuliah umum ini menyajikan materi penting. Kita dapat narasumber dari perwakilan Bupati Sintang, seorang pemimpin. Kita harus utamakan generasi muda untuk memimpin. Kita yang calon pemimpin ini juga hendaknya belajar dari para pemimpin seperti beliau,” kata Darmansah.

Turut hadir dalam acara ini, Kadisporapar Kabupaten Sintang, Hendrika dan sejumlah tamu undangan.

mediakapuasraya

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top