Pangdam XII/Tpr Bidik Putra Daerah Perbatasan Jadi Prajurit TNI

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]– Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Ny. Ely Nur Rahmad melaksanakan silaturahmi dengan unsur Forkopimda dan Toko-tokoh masyarakat Kabupaten Sintang. Yang berlangsung di Pendopo Bupati Sintang, Jalan Merdeka, Keluharan Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih selama pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Sintang dapat berjalan dengan lancar. Sehingga atas keberhasilan tersebut Kodam dan Polda mendapat penghargaan dalam menciptakan pemilu yang aman dan kondusif di Kalbar.

Pangdam XII/Tpr menyampaikan, sesuai dengan tugas pokok Kodam XII/Tpr adalah melaksanakan pengamanan sepanjang perbatasan di Kalimantan Barat termasuk di wilayah Sintang.  Untuk menjaga perbatasan sehingga masyarakat merasa aman dan terayomi. Dalam rangka meningkatkan peran TNI di perbatasan, TNI akan mencari prajurit-prajurit yang berasal dari perbatasan.

“Untuk itu kami juga meminta dukungan dari tokoh masyarakat, tokoh adat untuk mendorong pemuda-pemuda perbatasan untuk bersedia menjadi prajurit TNI,” harap Pangdam XII/Tpr, Kamis (31/10/2019)

“Kegiatan Kodam harus selalu bersinergi dengan pemerintah daerah,  karena TNI adalah unsur terdepan di perbatasan ini. Sehingga kita juga perlu dukungan oleh pemerintah daerah setempat,” tambahnya.

Disampaikan oleh Pangdam XII/Tp, kebijakan Angkatan Darat tahun ini sekolah bintara atau tamtama kami akan mengambil sebanyak-banyaknya dari daerah terpencil dan terisolasi serta perbatasan.

“Sehingga ini menjadi peluang besar bagi para pemuda perbatasan. Kedepannya kami memiliki program agar Babinsa nantinya berasal dari daerah tersebut sehingga dapat bekerja dengan baik dan tulus ikhlas,” kata Pangdam XII/Tpr.

Dalam acara tersebut Pangdam XII/Tpr juga meminta dukungan dari Pemda Sintang terkait dengan lahan latihan. Pangdam XII/Tpr mengatakan bahwa saat ini Kodam XII/Tpr kesulitan untuk melaksanakan latihan dengan senjata artileri karena terkendala kekurangan lahan latihan.Untuk itu Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memohon adanya dukungan dari Pemda Sintang.

“Kami meminta kesediaan Pemda Sintang untuk mengalokasikan lahan latihan bagi prajurit kami, karena merupakan keperluan yang sangat penting untuk pembinaan prajurit,” tegas Pangdam XII/Tpr.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengucapkan terima kasih kepada Pangdam XII/TPR Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, “Selaku Bupati Sintang, kami mengucapkan terima kasih karena Bapak Pangdam telah menerima Putra-putra kami dari perbatasan untuk menjadi anggota TNI”. Dikatakan bahwa 15 putra dari perbatasan Kabupaten Sintang telah diterima menjadi anggota TNI.

Jarot juga mengungkapkan harapannya agar lebih banyak lagi putra-putra di Kabupaten Sintang dapat menjadi anggota TNI. “Kami mohon juga, jika secara jasmani dan rohani memenuhi syarat, Putra-putra kami yang jauh di pedalaman yang berbatasan dengan Kalimantan Tengah, Sepauk dan pedalaman tempunak, juga bisa diterima” ungkap Jarot.

Jarot juga mengungkapkan bahwa di Kabupaten Sintang ini hubungan pemerintah dengan forkopimda berjalan dengan baik.  “Tentunya kehadiran Pangdam XII Tanjungpura akan memberikan semangat dan energi baru bagi kami untuk terus membangun negeri kami ini,” pungkas Jarot.  (mo)

Timot Timot

Related posts

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top