PLT Asisten Ekbang Sambut Kunjungan Pemkab Kutai Timur Di Pendopo Bupati Sintang

PLT Asisten Ekbang Sambut Kunjungan Pemkab Kutai Timur Di Pendopo Bupati Sintang

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Mewakili Bupati Sintang, Pelaksana Tugas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Helmi didampingi Kepala Bappeda Kabupaten Sintang Kartiyus menerima rombongan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur di Pendopo Bupati Sintang pada Kamis, 24 Oktober 2019.

Rombongan dari Pemkab Kutai Timur dipimpin oleh oleh Sekretaris Dinas Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang Kabupaten Kutai Timur Husni Hasan. Kedatangan rombongan Pemkab Kutai Timur ke Kabupaten Sintang untuk mempelajari Program Perkebunan Sawit Rakyat Berkelanjutan. Di Kabupaten Sintang sawit rakyat yang berkelanjutan dan ramah lingkungan sudah berhasil dilaksanakan oleh Koperasi Rimba Harapan dan Koperasi Produksi Raja Swa.

Guna mendukung  Program Perkebunan Sawit Rakyat Berkelanjutan di Kabupaten Kutai Timur melalui Proyek Sustainable And Climate Friendly Palm Oil Production And Procurement (SCPOPP)  Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melaksanakan Studi Banding di Kabupaten Sintang.

“kami sangat senang di kunjungi oleh kawan-kawan dari Pemerintah Kabupaten Kutai timur  dengan tujuan melakukan studi banding  tentang perkebunan kelapa sawit berkelanjutan  yang dilaksanakan ini” terang Helmi

Helmi menjelaskan bahwa total  luas wilayah Kabupaten Sintang yaitu sekitar  21. 638, 20 KM persegi. Yang terdiri dari 14 kecamatan, 16 kelurahan dan 391 desa. Dengan sebaran penduduk 1 KM didiami oleh sebanyak 18 jiwa. Artinya masih sangat  luas wilayahnya dibanding dengan jumlah penduduknya. Sehingga Sintang ini, masih sangat cocok untuk pengembangan perkebunan, pertanian, pertambangan dan komuditi lainnya”jelas  Helmi

“berdasarkan data yang ada maka luas kawasan non hutan masih luas yaitu sekitar  8. 924.68 hektar, dan ada taman nasional  dengan luas areal yaitu  69. 449 hektar persegi. Kemudian hutan lindung  dan hutan produksi terbatas  dan hutan produksi konsepsi” papar Helmi.

“yang telah diberikan ijin oleh Pemerintah kabupaten Sintang dalam ijin prinsip dan lokasi perusahaan  ada seluas  5. 364 hektar, ijin tanah perusahan  berjumlah  115. 383, 72 hektar, Hutan Produksi Terbatas 27, 61 persen, Hutan Produksi 0, 26 persen, Kawasan Non Hutan 40,73 persen, Kemudian Konsesi Kelapa Sawit  sisanya, dan saat ini Pemerintah kabupaten telah membentuk Forum Kelapa Berkelanjutan, dan  ada tanggung Jawab Sosial perusaan atau CSR” jelas Helmi.

Sementara itu,  Sekretaris Dinas Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang Kabupaten Kutai Timur Husni Hasan saat diwawacarai  mengatakan, pihaknnya  pada kegiatan kunjungan dan Studi banding yang dilaksanakan ini tertarik dengan  dibentuknya Forum Koordinasi Pembangunan Kelapa Sawit Berkelanjutan  oleh  Pemerintah Kabupaten Sintang”saya akan belajar Forum KSB ini dan menurut kami ini bagus  berpihak kepada masyarakat desa para petani  dan dapat diterima oleh pihak-pihak perusahaan ini yang nantinya akan kami adopsi dan kami pelajari  termasuk Pembentukan kabupaten Lestari ini yang cukup menarik untuk dapat dilaksanakan di kabupatenKutai Timur”.

Pada Kegiatan Studi Banding  Pemerintah Kabupaten Kutai Timur hari  ini  Kamis,24/10/2019    di Kabupaten Sintang yang pertemuannya  dilaksankan  di Pendopo Bupati Sintang yang secara langsung  disambut  Plt. Asisten  Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah  Pemerintah Kabupaten Sintang  Helmi,S.Sos.M.Si mewakili Bupati Sintang Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH, juga dihadiri Kepala Bappeda Kabupaten Sintang Kartius sebagai Penyampai Profil Kabupaten Sintang, Pimpinan OPD,  Kabid  Ekonomi Sumber Daya Alam  dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kutai Timur, Perwakilan Bappenas, Masyarakat Kecamatan Kangbeng Kabupaten Kutai Timur bersama rombongan.

__Terbit pada
28/10/2019
__Kategori
Sintang