Sosialisasi Kepemilikan E-KTP, Dewan Sintang Minta Disdukcapil Gandeng Aparatur Desa

Anggota DPRD Sintang, Lim Hie Soen

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Lim Hie Soen meminta  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sintang terus lakukan sosialisasi kepada masyarakat betapa pentingnya memiliki dokumen kependudukan.  Sosialisasi, kata dia, tidak hanya melalui media massa maupun media elektronik. Tetapi juga bisa memanfaatkan potensi aparatur hingga ke desa-desa.

“Disdukcapi Sintang bisa menggandeng Kepala Desa guna mengoptimalkan sosialisasi kepemilikan E-KTP kepada masyarakat. Yang harus selalu disampaikan adalah bagaimana mengurus dokumen kependudukan yang benar, tepat dan cepat dan yang paling penting adalah pemerintah harus selalu memberikan pelayanan prima,” katanya belum lama ini.

Dia juga mengapresiasi layanan jemput bola oleh Disdukcapil Sintang. Mengingat, layanan ini menjangkau langsung ke lokasi. Dan masyarakat diberikan kemudahan dengan hadirnya layanan ini ke tempat mereka

“Program ini bagus. Cuma, program jemput bola tentu terbatas pelayanannya. Artinya, hanya beberapa hari saja atau waktunya yang tidak begitu lama. Agar pelayanan jemput bola ini efektif, koordinasi dengan pihak terkait harus sinkron. Supaya, ketika layanan jemput bola hadir ke desa, masyarakat betul-betul sedang berada di tempat. Dan bisa segera mengakses layanan itu. Nah, semua itu kembali lagi ke sosialisasi,” pungkasnya.

Saat ini perekaman e-KTP di Kabupaten Sintang telah mencapai 90 persen. Lim Hie Soen mengapresiasi langkah yang diambil  Disdukcapil Kabupaten Sintang terkait capaian tersebut. Meski begitu dia berharap capain tersebut terus meningkat.

“karena sangat penting memiliki identitas kependudukan E-KTP, termasuk, KK, maupun Akte Kelahiran dan yang terkait lainya. Karena Sekarang ini mau urusan ini itu pasti KTP yang terlebih dahulu ditanyakan, ” katanya. (mo)

 

Timot Timot

Related posts

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top