Maria : Kaum Wanita Jangan Takut Berpolitik

Anggota DPRD Sintang, Maria Magdalena

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Kaum perempuan saat ini boleh dikatakan masih minim untuk terlibat ambil bagian di dunia politik. Meski tak dipungkiri juga, ada peningkatan dari periode-periode sebelumnya.

Contohnya saja untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, pada saat periode 2014-2019 hanya terdapat tiga kaum wanita. Namun untuk periode 2019-2024 bertambah dua orang menjadi lima.

Menanggapi hal tersebut, salah satu wanita yang berhasil menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Maria Magdalena mengatakan, bahwa masih kurangnya keterlibatan kaum wanita di politik karena masih kurangnya kesadaran akan kesetaraan gender.

“Sebenarnya hal ini bukan karena faktor takut, melainkan karena kesadaran perempuan terhadap kesetaraan gender masih kurang. Mungkin itu perlu ditingkatkan lagi ke depan. ” ujar Maria Magdalena ditemui di kantor DPRD Sintang usai rapat paripurna penetapan pimpinan definitif, Jumat (25/10/2019).

Magdalena juga tak menampik, bahwa untuk periode sekarang ini memang  ada peningkatan keterlibatan perempuan di dunia politik, karena saat pencalegan diwajibkan 30 persen kuota untuk Caleg perempuan. Meski tak dipungkiri banyak yang kalah bersaing.

“Hanya memang harus perlu kerja keras kedepannya, agar hal tersebut dapat lebih baik lagi,” terang Politisi Partai Demokrat ini.

Ia juga berharap, ke depan kaum perempuan ini lebih beranilah untuk tampil berjuang dan bersaing di dunia politik. “Jangan takut untuk bersaing. Jangan mengangap perempuan tidak bisa, tapi kita harus bisa,” ujar wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Sepauk dan Tempunak ini. (mo)

Timot Timot

Related posts

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top