Dewan Sintang Minta Masyarakat Patuhi Aturan Berkendara

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Sintang, Billy Welsan menyambut baik dengan digelarnya Operasi Zebra Kapuas 2019 yang digelar Polres Sintang. Karena dengan ini dinilainya akan mendisiplinkan pengendara.

“Kita ketahui tingkat kecelakaan di Kabupaten Sintang ini cukup tinggi. Maka dari itu, dari Operasi Zebra Kapuas ini kita harapkan dapat menekan angka kecelakaan tersebut dan mendisiplinkan pengendara, baik cara berkendara dan kelengkapan surat-surat,” ujarnya ditemui di kantor DPRD Sintang, kemarin.

Ia juga mengharapkan, agar pengendara dapat mematuhui aturan lalu lintas yang ada dengan melengkapi surat-surat kendaraannya. “Ketika lengkap dan memathui aturan, pengendara tak perlu takutkan dari Operasi Zebra Kapuas ini,” katanya.

Ia juga menilai, informasi yang disebarkan warganet terkait lokasi-lokasi  razia melalui media sosial ,seharusnya tidaklah penting. Karena selama semuanya lengkap sesuai aturan, apa yang harus ditakutkan.

“Mereka yang seperti itukan karena tidak lengkap. Berarti semakin banyak warganet yang mempertanyakan itu, semakin banyak pula yang tidak melengkapi syarat-syarat kendaraannya,” pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, selama  14 hari Operasi Zebra Kapuas 2019 akan digelar di Kabupate Sintang. Kegiatan itu resmi dimulai sejak hari Rabu (23/10/2019) hingga tanggal  5 November 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Sintang, AKBP Adhe Hariadi ditemui usai Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Kapuas 2019, di Halaman Mapolres setempat, Rabu (23/10).  “Sasaran kegitan ini yaitu pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat,” ujarnya Kapolres kepada sejumlah awak media.

Kapolres juga menegaskan, pada Operasi Zebra Kapuas 2019 ini lebih mengutamakan penegakan hukum. Dari itu ia berharap, masyarakat khususnya pengendara dapat mematuhi peraturan lalu lintas dan jangan lupa membawa kelengkapan kendaraan. “Tak ada yang beda dari operasi sebelumnya, jika tidak  lengkap suratr-surat kendaraannya serta tidak standar akan kami tindak,” jelasnya.

Tujuan dari pelaksanaan Operasi Zebra Kapuas 2019, lanjut Kapolres, salah satunya adalah menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sintang yang fatalitasnya cukup tinggi. “Di Sintang lumayan banyak terjadi kecelakaan lalu lintas yang fatalitasnya cukup tinggi. Artinya banyak yang meninggal dunia. Penyebab terjadinya kecelakaan tersebut bisa karena faktor kelalaian diri atau faktor lain, ini yang ingin kita antisipasi,” pungkasnya. (Mo)

__Terbit pada
24/10/2019
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya