Pengumuman Unsur Pimpinan Definitif DPRD Sintang dari Partai Hanura Ditunda

Foto : Wakil Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward. (Dok: Timo)

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang hanya mengumumkan dua unsur pimpinan definitif yakni  Florensius Ronny sebagai Ketua DPRD Sintang dan Jeffray Edward sebagai Wakil Ketua. Pengumuman unsur pimpinan lain yang merupakan jatah dari partai hanura terpaksa ditunda lantaran persyaratan yang dibutuhkan belum terpenuhi.

Unsur pimpinan ini diambil dari  partai politik yang memperoleh jatah  kursi terbanyak di lembaga legislatif tersebut, yakni Nasdem, PDI Perjuangan dan Hanura.

Jeffray Edward mengatakan, sebelum unsur pimpinan definitif diumumkan,  Ketua sementara DPRD  Sintang sudah menyurati tiga partai terebut supaya  melengkapi persyaratan sebagai unsur pimpinan DPRD Sintang.

 “Partai Hanura belum  menyampaikan persyaratan yang dibutuhkan untuk mengusulkan calon pimpinan.  Jadi kami umumkan hari ini hanya dua pimpinan saja, yakni Bapak Florensius Ronny dari Partai Nasdem sebagai Ketua DPRD Sintang dan Jeffray Edward  dari PDIP sebagai Wakil Ketua , ” terang Jeffray, usai Paripurna Pengumuman Pimpinan Definitip DPRD, Selasa (08/10//2019).

Jeffray mengatakan dari informasi yang ia terima, sudah ada SK dari Provinsi dan Pusat terkait Wakil Ketua DPRD Sintang dari Hanura. “Sesuai ketentuan tidak cukup hanya dengan dua SK tersebut, karena ketika Sekretariat DPRD Sintang berkonsultasi ke Gubernur, syarat pelantikan adalah surat dari pusat, provinsi dan kabupaten. Tiga surat ini harus ada,” jelasnya.

“ saya berharap agar Hanura segera menyampaikan usulan, melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan. Mudah-mudahan bisa dilakukan secepatnya,”pungkas Jeffray.

Sebetulnya, kata Jeffray, tidak ada batas waktu untuk mengusulkan unsur pimpinan DPRD Sintang. Jika Partai Hanura sudah memenuhi persyaratan administrasi unsur pimpinan, DPRD bisa segera diumukan.

“Oleh karena itu, hari ini kita sahkan 2 unsur pimpinan dulu. Jika besok atau lusa Partai Hanura sudah melengkapi berkas, akan diumumkan kembali Wakil Ketua DPRD Sintang definitif. “terangnya.

Jeffray mengatakan pengumuman  dua unsur pimpinan tersebut tidak menyalahi ketentuan yang ada. Karena rapat Paripurna juga dapat dilaksanakan dengan hanya  dipimpin oleh satu unsur pimpinan.  “tidak terlalu berpengaruh pada agenda-agenda kedewanan. Karena, DPRD Sintang sifatnya kolektif kolegial. Dengan satu pimpinan saja, kegiatan DPRD tetap bisa berjalan,” jelasnya (mo).

Timot Timot

Related posts

Top