Dewan Beri Apresiasi Desa yang Telah Deklarasi ODF

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Yulius berharap, ke depan lebih banyak lagi desa-desa di Kabupaten Sintang yang deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan.

“Kalau bisa depan lebih banyak lagi desa-desa yang deklarasi ODF ini. Sehingga makin banyak masyarakat Bumi Senentang paham akan gaya hidup sehat, sebab kalau masih buang air besar sembarangan, dampaknya sangat tidak baik untuk kesehatan,” ujarnya saat ditemui di Kantor DPRD setempat, Selasa (8/10/2019).

Ia juga memberi apresiasi terhadap desa-desa di Kabupaten Sintang yang telah deklarasi ODF. Menurutnya program seperti ini sangat baik sekali, karena membawa dampak positif bagi kesehatan.

“Kita dari dewan bisa membantu desa-desa agar dapat menerapkan program ini. Contohnya, melalui aspirasi dewan untuk membangun WC umum, selama itu tidak menyalahi aturan,” jelasnya.

Nanti dari aspirasi dewan tersebutlah, kata Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini, dapat mengucurkan dana untuk membangun WC umum di desa-desa yang membutuhkan.

“Yang terpenting, setiap desa-desa yang memerulakan WC umum itu bisa berkomunikasi dengan dewan-dewan terpilih. Itulah gunanya kita sebagai wakil rakyat yang sudah dipilih masyarakat,” pungkasnya.

Sebagaiaman diberitakan sebelumnya, hingga saat ini sudah terdapat 40 dari 391 desa di Kabupaten Sintang yang telah deklarasi ODF tersebut.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan, dengan adanya deklarasi ODF ini paling tidak membuat masyarakat enggan untuk BAB sembarangan dan bisa mencegah terjadinya stunting.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh berharap kepada Kepala Desa dan masyarakat, untuk menjadikan ODF ini sebagai gerakan masyarakat hidup sehat.

“Jangan cuma deklarasi saja, tetapi dijadikan sebuah kebiasaan. Dengan pola hidup sehat, maka semua akan berjalan dengan baik,” pungkasnya. (Mo)

__Terbit pada
08/10/2019
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya