Lantik Pejabat di 3 OPD, Bupati Sintang Ingatkan Peningkatan Kualitas Kerja

Lantik Pejabat di 3 OPD, Bupati Sintang Ingatkan Peningkatan Kualitas Kerja

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH melantik Pejabat Administrator dan Pengawas untuk tiga Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, Senin (30/9/19) pagi di Pendopo Bupati Sintang.

Ketiga OPD tersebut adalah Badan Pengelola Perbatasan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)

Dalam kesempatan tersebut Jarot Winarno menyampaikan bahwa pelantikan pejabat struktural ini merupakan gelombang kedua dari empat gelombang yang di rencanakan secara berurutan. Menurutnya, mutasi, tour of duty atau penyegaran merupakan hal yang biasa dalam dinamika organisasi. Tapi pelantikan pejabat struktural di tiga badan OPD yang baru ini special dari yang sebelumnya. Dimana diawali dengan kajian, analisis dan pemikiran bahwa tantangan rill yang di hadapi Kabupaten Sintang di tiga tugas badan baru ini semakin besar.

“NKRI harga mati, keutuhan berbangsa dan bernegara ingin kita jaga, masyarakat sipil ingin kita perkuat sehingga pada akhirnya kita menyadari bahwa Kesbangpol yang selama ini berupa kantor harus di tingkatkan kapasitasnya setingkat badan. Betapa beratnya perjuangan kita menjadikan kesbangpol menjadi badan, pada hari ini terwujud dan pejabatnya di lantik”ujar Jarot.

Selanjutnya jelas Jarot, bahwa Indonesia sering terjadi bencana, Kabupaten Sintang merupakan bagian dari Negara RI yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia. Dimana bencana yang terjadi di Kabupaten ini sama halnya dengan yang terjadi di pulau Sumatra dan Kalimantan pada umumnya memiliki situasi yang spesifik. Terlebih bentuk bencana di Kabupaten Sintang juga bermacam-macam, seperti musim hujan yang bisa berakibat banjir, longsor dan putusnya jalur infrastruktur jalan, sehingga Kantor Penanggulan Bencana Daerah di tingkatkan menjadi badan yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hari ini trealisisasi juga.

“meningkatnya kapasitas tentu kualitas kerja akan meningkat dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Sintang”pinta Jarot.

Demikian halnya dengan badan pengelola perbatasan, dimana di wilayah perbatasan yang luasnya mendekati angka 20% dari luas total Kabupaten Sintang yang jumlah penduduknya hampir 50 ribu jiwa, saat ini tentu membutuhkan penanganan khusus, membutuhkan koordinasi vertikal baik itu dengan Provinsi hingga ke pemerintah pusat bahkan dengan negara tetangga Malaysia.

“sehingga tugas pokok dan fungsi dari badan penggelola perbatasan harus di tingkatkan kualitasnya, itulah kenapa hari ini special dan saya minta pelantikannya khusus”ucap Jarot.

Untuk itulah Jarot meminta dengan telah berubah kapasitasnya dari 3 OPD baru ini, maka harus di barengi dengan peningkatan kualitas kerja yang lebih baik lagi sehingga hal itu menjadi motivasi bersama dalam bekerja sebagai pejabat publik yang melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“kalau dulu bapak/ibu sudah bekerja dengan baik, tentunya dengan kapasitas sudah di tingkatkan maka kinerja juga harus meningkat lebih lagi, jika tidak meningkat sungguh sangat terlalu”ucap Jarot.

Jarot mengungkapkan meskipun dalam pelantikan tersebut ada yang bersyukur karena mendapat promosi, ada yang yang biasa-biasa saja karena belum promosi, ada yang sedikit kecewa karena tidak sesuai harapan, dirinya pun memahami situasi tersebut.

“silakan bersyukur, silakan biasa-biasa saja, silakan sedikit kecewa, tapi jangan lama-lama, kita segera bekerja, saya dengan pak wakil bupati pun tinggal 1,5 tahun, kami ingin softlanding, karena kami ingin mengakhirinya dengan baik-baik”kata Jarot.

Sehingga Jarot berpesan bahwa keinginan-kenginginan, cita – cita tidak akan mengubah apa-apa, keputusan-keputusan, masukan dalam RKA, membuat rencana strategis (renstra), RKPD itu hanya merubah sedikit saja,  tetapi turun ke lapangan, eksekusi akan merubah segalanya. Untuk itulah segera bekerja.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM, unsur Forkopimda, Asisten III Setda Sintang, unsur OPD Kab. Sintang dan tamu undangan lainnya.

mediakapuasraya

Top