OMK Katedral Sintang Gelar Aksi Donor Darah Untuk Sambut HUT RI 2019

OMK Katedral Sintang Gelar Aksi Donor Darah Untuk Sambut HUT RI 2019

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Mensyukuri dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 Tahun 2019, Orang Muda Katolik Paroki  Kristus Raja Katedral Sintang menggelar aksi donor darah di Balai Kenyalang pada Minggu, 4 Agustus 2019.

Pastor Paroki Kristus Raja Katedral Sintang Romo Yohanes Pranoto, Pr menyampai kegiatan donor darah yang diprakarsai oleh OMK sangat positif dan pihaknya sangat mendukung kegiatan sosial seperti donor darah. “saya melihat respon masyarakat juga sangat positif sebab yang donor tidak hanya umat Katolik, tetapi ada yang umat Muslim dan Kristen Protestan” terang Pastor Yohanes Pranoto, Pr yang turut memantau jalannya aksi donor darah di Balai Kenyalang.

“menyumbang darah adalah kegiatan sosial yang menembus batas agama, suku dan bangsa. Setetes darah sangat berarti bagi mereka yang membutuhkannya. Sehingga kami sangat mendukung kegiatan ini. Dan kedepannya, saya menyarankan untuk dilaksanakan kembali” terang Pastor Yohanes Pranoto, Pr.

Ketua Panitia OMK Cup 2019 yang juga Ketua Pemuda Katolik Kabupaten Sintang Laurensius Anong menyampaikan bahwa tujuan dari aksi donor darah adalah mendorong partisipasi kaum muda dalam kegiatan sosial, membangun dan meningkatkan rasa peka kebutuhan orang lain khususnya soal kebutuhan akan darah yang memang sangat dibutuhkan oleh banyak pasien di rumah sakit.

“kebutuhan akan darah ini sangat tinggi. Di rumah sakit selalu memerlukan stok darah yang cukup. Sehingga kita mencoba membuat aksi donor darah ini. Mudah-mudahan bisa membantu masyarakat yang memang memerlukan tansfusi darah. Ini bentuk aksi nyata Orang Muda Katolik untuk membangun kesadaran masyarakat menyumbang darah. Saya juga mengharapkan anak-anak OMK aktif di gereja dan masyarakat. Disaat kemajuan jaman dan teknologi informasi yang pesat ini, kita ingin membangun nilai etika yang baik” terang Laurensius Anong.

“untuk hari ini, selain aksi donor darah, kami juga menggelar pertandingan futsal. Serta melanjutkan pertandingan yang sebelumnya sudah dilaksanakan penyisihan” tambah Laurensius Anong.

Yohanes Murawanto anggota panitia OMK CUP 2019 menyampaikan bahwa aksi donor darah ini hanya salah satu dari kegiatan yang dilaksanakan oleh Orang Muda Katolik untuk memperingati dan memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 Tahun 2019. “kami juga menyelenggarakan beberapa pertandingan yang pesertanya adalah warga lingkungan yang berada dalam lingkup Paroki Kristus Raja Katedral Sintang. Ada 8 kegiatan yang kami laksanakan yakni jalan sehat, pertandingan bola voly, futsal, lomba paduan suara, tarik tambang, bola kaki dangdut, balap karung, dan aksi donor darah” terang Yohanes Murawanto.

Jimmy Delano Koordinator Aksi Donor Darah OMK saat ditemui di Balai Kenyalang menyampaikan bahwa pihaknya sudah menyampaikan pengumuman di gereja sejak jauh hari, guna menggugah umat dan khususnya anggota OMK untuk melakukan aksi donor darah pada hari kemerdekaan bangsa kita. “kita sudah umumkan selama tiga minggu di gereja. Sehingga jumlah umat yang ikut berpartisipasi dalam aksi donor darah ini lumayan banyak. Kegiatan mulai jam 09.00-13.00 atau lima jam, ada 47 pendonor dengan berbagai jenis golongan darah yang ikut aksi sosial ini” terang Jimmy Delano.

“aksi donor darah ini berhasil menggugah anggota OMK untuk menyumbangkan darahnya. Banyak anggota OMK yang belum pernah menyumbangkan darahnya. Hari ini bisa ikut aksi donor darah. Dan reaksi mereka lucu, karena ada yang awalnya takut melihat jarum suntik. Untungnya kami didukung oleh Palang Merah Indonesia Kabupaten Sintang yang didukung langsung aktivis PMI Kabupaten Sanggau yang memang sudah terbiasa mengatasi pendonor pemula” terang Jimmy Delano.

 

 

mediakapuasraya

Top