Paskibraka Mulai Latihan, Dibuka Asisten Ekbang di Cadika

Paskibraka Mulai Latihan, Dibuka Asisten Ekbang di Cadika

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Sebanyak 31 peserta terpilih dari SMA/Sederajat di Kabupaten Sintang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sintang tahun 2019 yang secara resmi di buka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Henri Harahap, S. Sos. MM, yang di tandai dengan tradisi prosesi penyiraman air bunga, penyematan pin kepada perwakilan peserta secara simbolis, serta pengguntingan pita, di Aula Gedung Cadika Sintang, Selasa (30/7/19) sore.

Di hadapan 31 peserta Diklat Paskibraka itu, Asisten II Setda Sintang menjelaskan bahwa bangsa Indonesia saat ini sedang menanti bangkitnya anak-anak muda untuk mulai membangun sebuah mimpi di masa depan. Mengingat saat ini wajah Bangs Indonesia memang sedang diuji seperti adanya persoalan korupsi, narkoba, hoax, perpecahan melalui isu sara dan juga persoalan kemiskinan, pengangguran serta sejumlah tumpukan problem bangsa lainnya yang belum membaik.

“nah kalian-kalian ini lah bagian dari anak muda yang bisa mewujudkan mimpi-mimpi Indonesia, terlebih kalian sudah terpilih dan berkesempatan menjadi peserta Paskibraka, kalian di sini di didik banyak hal, agar nanti bisa menjadi bagian pembangunan bangsa,karena pertarungan dan tantangan sebagai anak muda kedepannya akan kalian lewati”kata Henri.

Ada tiga karakter dan kapasitas yang perlu di kapitalisasi setiap generasi muda untuk memenangi pertarungan masa depan sekaligus mewujudkan mimpi Indonesia tutur Henri, yakni generasi muda harus memiliki kualitas integritas yang tinggi, para pemuda harus memiliki kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup tinggi dan pemuda harus memiliki karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional.

 

“melalui diklat paskibraka ini, 3 karakter tersebut bisa kalian dapatkan, karena diklat ini merupakan salah satu upaya menumbuhkan minat dan bakat pemuda seperti kalian sebagai pengembangan dan pengetahuan melalui pendidikan dan pelatihan”jelas Henri.

Untuk itulah Henri berharap melalui diklat ini lahirnya anak muda yang kritis dan optimis di masa depan, dan jangan sampai menjadi pemuda yang pesimistis dan jangan berhenti belajar dan berkarya dalam memandang masa depan, terlebih menghadapi seklumit persoalan bangsa saat ini.

Sementara itu Kadisporapar Kab. Sintang, Dr. Hendrika mengatakan Diklat Paskibraka ini di laksanakan selama 20 hari yakni dari 30 Juli – 18 Agustus 2019 yang diikuti oleh 31 peserta, terdiri dari 27 pelajar putra  dan 11 pelajar putri berasal dari SMA/Sederajat di Kabupaten Sintang, yakni dari Kecamatan Sintang 20 orang, Kecamatan Sepauk 1 orang, Kecamatan  Kelam Permai 2 orang, Kecamatan Dedai 1 orang, Kecamatan Binjai Hulu 1 orang, Kecamatan Sungai Tebelian 2 orang, Kecamatan Tempunak 1 orang, Kecamatan Ketungau Hilir 1 orang, Kecamatan Kayan Hilir 1 orang dan Kecamatan Kayan Hulu 1 orang.

“tujuan dari diklat ini adalah untuk mempersiapkan pelajar yang telah terpilih ini melalui seleksi calon peserta diklat paskibraka tahun 2019 yang telah di laksanakan bulan maret lalu untuk dididik dan di latih melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada saat peringatan HUT RI tahun ini”disampaikan Hendrika.

Hendrika menambahkan untuk tim pelatih diklat Paskibraka ini terdiri dari unsur TNI dan Polri, serta Purnawirawan Paskibraka Indonesia (PPI) Kab. Sintang. Sementara pelaksanaan Upacara HUT RI ke-74 di Kabupaten Sintang pada 17 Agustus mendatang akan di laksanakan Stadion Baning Sintang dan untuk tema HUT RI secara Nasional tahun 2019 ini adalah “Menuju Indonesia Unggul”.

mediakapuasraya

Top