Sebanyak 79 Peserta Ikuti 3 Jenis Lomba Yang Diselenggarakan Oleh BKP3A Sintang

Sebanyak 79 Peserta Ikuti 3 Jenis Lomba Yang Diselenggarakan Oleh BKP3A Sintang

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Sintang mengadakan Lomba Apresiasi Anak Daerah dan Lomba Hari Anak Nasional Kabupaten Sintang di Balai Pegodai, hari ini (30/07/2019).

Kegiatan lomba ini telah dilaksanakan mulai 29 Juli 2019 sampai dengan 30 Juli 2019. Adapun cabang lomba yang dilaksanakan pada hari ini adalah Menulis Pantun tingkat SLTA, Celoteh Anak tingkat Paud dan Melukis tingkat SD. Jumlah peserta keseluruhan untuk ketiga cabang lomba tersebut yaitu berjumlah 79 peserta.

Dra. Midartik Wira Dewi, Kabid Perlindungan dan Kesejahteraan Anak Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Sintang mengatakan bahwa guna pemenuhan hak-hak anak untuk lebih kreatif dan inovatif perlu dilakukannya apresiasi  terhadap anak  sebagai upaya untuk membantu anak membuka kemampuan tersembunyi dan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak serta memberikan kesempatan kepada anak untuk berkreasi, hal inilah yang menjadi latar belakang terlaksananya kegiatan ini.

Dalam kesempatan itu, Midartik mengatakan bahwa tujuan penyelenggaraan lomba ini adalah untuk memastikan semua anak Indonesia bersuka cita, bahagia dan aman, memastikan semua anak Indonesia gesit dan empati merespon perubahan-perubahan yang sangat cepat di bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Kebudayaan dan Kesenian, serta semua anak Indonesia sehat jasmani sera rohani serta memperoleh pelayanan publik yang inklusif dan bermutu agar mampu secara optimal mengembangkan bakat dan kemampuannya.

Midartik mengakui kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2017, peserta kegiatan ini pun terus meningkat setiap tahunnya, hal ini membuktikan bahwa banyak anak-anak berbakat di Kabupaten Sintang tertarik mengikuti kegiatan seperti ini. Ia pun berharap di tahun yang akan datang pemerintah dapat memberikan bantuan dana agar semakin banyak lagi cabang lomba yang diadakan dalam kegiatan ini. Ia juga berharap kelak kegiatan ini dapat diikuti oleh anak-anak yang berada di luar kota Sintang juga.

Pada kesempatan itu pula, Neti Suliani, peserta lomba menulis pantun dari MAN 1 mengatakan bahwa yang memotivasinya untuk ikut kegiatan ini adalah Ia dapat mengasah kemampuannya dalam menulis pantun, selain itu Ia juga mendapatkan pengalaman baru. Neti mengakui bahwa juga pernah mengikuti lomba menulis pantun sebelumnya, 2 kali di tingkat provinsi dan 1 kali di tingkat kabupaten walaupun begitu, sampai saat ini pun Ia masih merasakan gugup saat akan mengikuti lomba. Neti juga berpesan agar para peserta untuk selalu menanamkan nilai sportivitas, terus mengasah kemampuannya untuk lebih baik lagi dan tetap semangat. Ia juga berharap kelak lebih banyak lagi anak-anak Indonesia khususnya di Sintang dapat mengikuti lomba-lomba seperti ini.

Para pemenang Lomba Apresiasi Anak Daerah dan Lomba Hari Anak Nasional Kabupaten Sintang ini masing-masing akan mendapatkan uang tunai, tropy dan sertifikat. Uang sebesar Rp. 800.000 serta tropy untuk juara pertama, uang sebesar Rp. 700.000 serta tropy untuk juara kedua, uang sebesar Rp. 600.000 serta tropy untuk juara ketiga dan uang sebesar Rp. 600.000 untuk juara harapan, semua juara juga akan diberikan sertifikat.

mediakapuasraya

Top