Asisten Pemerintahan Pemprov Kalbar Buka Rakor Litbang Se Kalimantan Barat di Pendopo Bupati Sintang

Asisten Pemerintahan Pemprov Kalbar Buka Rakor Litbang Se Kalimantan Barat di Pendopo Bupati Sintang

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Bupati Sintang dalam hal ini di wakili Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Abdul Supriyadi, SH. M. Si menghadiri acara pembukaan dan malam ramah tamah rapat koordinasi Kelitbangan se-Kalimantan Barat tahun 2019 dengan tema “percepatan pembentukan perangkat daerah penelitian dan pengembangan di Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat” di Aula Pendopo Bupati Sintang, Rabu (24/7/19) malam.

Dalam kesempatan tersebut Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Abdul Supriyadi mengatakan Pemkab Sintang memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya rakor litbang ini, terlebih di tunjuknya Kabupaten Sintang selaku tuan rumah rakor kelitbangan se-Kalbar ini merupakan suatu kehormatan yang patut di syukuri, karena akan menjadi catatan sejarah tersendiri bahwa Kabupaten Sintang merupakan bagian dari upaya mengoptimalkan fungsi penelitian dan pengembangan dalam mendukung proses pembangunan di era otonomi daerah sekarang ini.

“terlebih tema yang diangkat tersebut sangat relevan dan menarik, karena akan mendorong semua Kabupaten/Kota se-Kalbar untuk memikirikan secara serius peluang dan manfaat besar dari keberadaan perangkat daerah dalam bentuk badan litbang”kata Abdul.

Lanjut Abdul, tentunya jika ada Badan Litbang akan meningkatkan fokus fungsi litbang di daerah dalam mendukung pembangunan, karena selama ini umumnya daerah menempatkan urusan penelitian dan pengembangan di Badan Perencanaan Daerah (BAPPEDA).

“kita menyadari hal ini membuat fungsi litbang yang menjadi unsur penunjang urusan pemerintah belum optimal, baik secara internal maupun eksternal. Di tambah lagi jabatan fungsional peneliti belum menjadi daya tarik ASN daerah”ungkapnya.

Tambah Abdul, selaku tuan rumah, Pemkab. Sintang berharap pelaksanaan rakor ini berjalan lancar dan sukses serta menghasilkan poin-poin kesepakatan yang dapat membawa manfaat bagi pembangunan Kalimantan Barat melalui pembentukan Badan Litbang di Kabupaten/Kota kedepannya secara khusus di Kabupaten Sintang.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Dalam Negeri RI Dodi Riyadmadji berharap dengan rakor yang berlansung hingga Jumat 26 juli nanti akan menghasilkan kekuatan yang baru untuk Kalimantan Barat dalam membentuk Badan Penelitian dan Pengembangan di daerah, agar pembangunan bisa terus berjalan lancar dan sebaik-baiknya guna kemajuan daerah masing-masing.

“memang isu yang terkait dengan rencana pembubaran badan litbang kementrian, provinsi dan Kabupaten/Kota sama sekali tidak pernah dibahas dalam kami melakukan pembahasan RUU Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (RUU Sisnas Iptek) selasa kemarin  yang disetujui oleh DPR, mudah-mudahan ini akan membawa hal yang nantinya kita mendudukkan badan penelitian dan pengembangan diera yang akan datang dan lalu kemudian nanti bisa tahan lama dan bisa berfungsi dengan sebaik-baiknya”kata mantan Pj Gubernur Kalbar tahun 2018 ini.

Hadir dalam acara itu Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Provinsi Kalbar Dra. Sri Jumiadatin, M. Si, Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalbar Emy Poetrina, Unsur Forkopimda Sintang,  unsur OPD Kab. Sintang, para peserta dari 14 Kabupaten/Kota di Kalbar dan tamu undangan lainnya.

__Terbit pada
25/07/2019
__Kategori
Sintang