Dewan Dukung Sintang Jadi Tujuan Wisata

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang Terry Ibrahim,  menilai kawasan wisata Bukit Kelam dan Hutan Wisata Baning Kota belum dikelola secara maksimal, yang seharusnya jika dikelola dengan maksimal bisa menjadi tujuan wisata baik dalam maupun warga kota Sintang,yang tentunya akan menjadi akses ekonomi masyarakat sekitar.

Ia berharap semua pihak bisa bekerjasama  dalam mengelola dua kawasan tersebut, agar bisa menjadi  focus wisata khususnya di wilayah Kabupaten Sintang ini, dan menjadi icon bumi Senentang yang kita cintai ini,” ungkapnya, Senin (08/07/2019) kemarin.

Sebelumnya hal senada dikatakan Anggota DPRD Sintang, Hermanto, dia  berharap instansi terkait bisa menata Bukit Kelam dan Hutan Wisata sebagai objek wisata. Selama ini, kedua objek wisata terkesan tidak tersentuh.

“Kedua objek wisata itu, memiliki potensi penghasilan daerah yang begitu besar jika dikelola dengan baik,” kata Hermanto. Dengan penataan objek wisata itu, diharapkan banyak wisatawan-wisatawan yang berkunjung ke Sintang. “Dengan sendirinya perekonomian masyarakat juga meningkat,”katanya.

Dua tahun berturut ini memang Sintang sudah mempromosikan potensi wisata Bukit Kelam melalui Festival kelam. Namun Hermanto menilai sejauh ini peningkatan atau pembenahan pada objek wisata itu sendiri belum dilakukan, “ kita lihat objek wisata Bukit kelam itu masih begitu-begitu aja, belum ada inovasi terbaru disana, mestinya tiap tahun kita promosikan juga tiap tahun kita benahi objek wisata itu, karena wisatawan ingin tau fasilitas apa yang menarik di objek wisata itu,” terangnya.

Meski begitu pihaknya tentu mendukung program pemerintah daerah menjadikan Sintang sebagai tujuan tempat wisata. Apalagi Kabupaten Sintang sudah dua tahun berturut ini melaksanakan Festival pariwisata dan buday ayang dipusatkan di sekitaran bukit kelam. “ jadi nanti pemerintah memalui dinas terkait juga harus mengevaluasi even yang mewadahi promosi pariwisata di Sintang. kita akan lihat apakah kedepannya PAD Sintang dari sektor pariwisata meningkat setelah even ini,” tuturnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Hendrika mengatakan bukit kelam dan Hutan Wisata Baning adalah objek wisata alam. “sehingga dalam pembenahanya kita juga harus berkordinasi dengan BKSDA supaya tidak berbenturan dengan aturan yang ada, namun sejauh ini beberapa pembenanan di area wisata bukit kelam tetap dilakukan,” pungkasnya. (mo)

Timot Timot

Top