Terry : Sintang Tengah Naik Daun

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Terry Ibrahim menilai Kabupaten Sintang saat ini tengah naik daun. Beberapa even besar digelar oleh pemerintah daerah dan masyarakat dengan mengundang tamu dari provinsi lain, bahkan tamu dari luar negeri. “ Mereka menyaksikan bagaimana  keragaman adat budaya masyarakat di Kabupaten Sintang ini,” ucap Terry usai Pembukaan Kelam Tourism Festival 2019 di Desa Kebong Kecamatan kelam, Senin ( 8/07/2019).

Terry mengaku pihaknya bangga karena kegiatan ini bukan sekedar tontonan semata,  tetapi juga wadah membangun masyarakat Kabupaten Sintang yang berbudaya. “ evan besar seperti Kelam Festival ini untuk  menggali seni dan budaya masyarakat kabuaten Sintang dan mengeksposnya keluar,” ungkap Terry.

Maka dari itu, Terry menerangkan pihaknya selaku legisatif sangat mendukung even besar tersebut, apalagi even tersebut menelan dana yang cukup besar. “ada tiga even besar di Kabupaten Sintang yang terlaksana hampir bersamaan, tentu memerlukan biaya  yang tidak sedikit, semua dibiayai dari APBD Kabupaten Sintang. Kami menukung agar Kabupaten Sintang kedepanya semakin dikenal masyarakat luar,” pungkasnya.

Dengan dana yang besar tersebut, Politisi Nasdem ini berharap even besar ini bendampak positif bagi peningkatan PAD Kabupaten Sintang ke depannya. Terry menilai even besar ini juga menjadi peluanga usaha bagi warga setempat untuk meraup keuntungan dari hasil jualan produk lokal.

“kalau saya lihat ada banyak dampak postifnya even besar ini dilaksanakan, tidak hanya mengekspos seni dan budaya atau pariwisata saja ke luar daerah tapi juga mengekspos produk lokal di Kabupaten Sintang,” ungkapnya.

Saat ini sudah banyak masyarakat yang menyiapkan souvenir untuk para pengunjung, seperti di tempat wisata budaya rumah betang ensaid panjang. “Masyarakt disana menghasilkan tenun ikat khas Sintang yang sudah mendunia. Dari itu ekonomi masyarakat terbantu,” pungkasnya

Maka dari itu Kegiatan Even besar tersebut di Kabupaten Sintang perlu digalakan terus, namun diharapkan kedepannya dapat lebih baik lagi. “kita berkaca dari even tahun ini, agar kedepan lebih baik dan lebih menguntungkan,” pungkasnya. (mo).

Timot Timot

Top