Dewan Soroti Tingkat Kehadiran Kepala OPD Dalam Rapat Paripurna

Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward. (Foto: Timo)

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-   Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward mengingatkan kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang dapat hadir dalam Paripurna DPRD kedepannya. hal ini dilontarkanya lantaran Minimnya kehadiran Kepala OPD pada Rapat paripurna beberapa kali ini.

“Paripurna merupakan rapat tertinggi, kami minta kehadiran perangkat daerah lebih signifikan,” tegas Jeffray Edward, saat memimpin rapat Paripuna beberapa waktu lalu.

Menurut Politisi PDI Perjuangan  ini, berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah dalam pembahasan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Sintang tahun 2018 , Banyak kepala OPD tidak hadir dan hanya diwakilkan pada sekretaris atau kepala bidang. Padahal, dalam pembahasan tersebut pihaknya memerlukan data akurat dan pendalaman materi secara menyeluruh.

“Maka dari itu Kami Minta Kepada Bupati Sintang supaya menegaskan agar pimpinan OPD dapat hadir pada rapat-rapat di DPRD, karena beberapa pimpinan OPD kerap diwakilkan,” tuturnya.

Pihaknya selaku lembaga yang memiliki fungsi pengawasan harus menyoroti hal tersebut agar agenda rapat di DPRD tidak terkendala dan dapat diselesaikan tepat waktu. “kita tidak Mau, Rapat atau kegiatan kita di DPRD terhambat hanya gara-gara ketidakhadiran OPD, karena memang ada beberapa pembahasan materi yang harus melibatkan OPD,” bebernya.

Maka dari itu, dia berharap dala rapat paripurna maupun rapat kerja yang melibatkan OPD kedepan tingkat kehadiran OPD dapat signifikan. Pihaknya juga berharap kepala OPD betul-betul memahasi isi materi yang dibahas bersama legislatif.

“jadi kami megimbau supaya kepala OPD wajib hadir dalam Rapat Paripurna DPRD yang melibatkan Eksekutif,” tegasnya.

Wakil Bupati Sintang Askiman menyatakan sangat menyambut baik saran dari lembaga legislatif Sintang. Menurutnya DPRD Sintang sungguh-sungguh menjalan fungsi pengawasan. Saran dan masukan tersebut sebagai bahan evaluasi agar kedepan dapat lebih baik lagi.

“mengenai himbauan agar pimpinan OPD dapat hadir pada rapat-rapat di DPRD, tentunya dalam setiap kesempatan saya selalu mengingatkan pimpinan OPD agar hadir pada rapat-rapat yang diselenggarakan DPRD. Atas himbauan tesebut, diucapkan terima kasih,” ucapnya. (mo)

Timot Timot

Related posts

Top