Syahroni Minta APBD Disusun Berdasarkan Skala Prioritas

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-   Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sintang Syahroni mengatakan bahwa, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)  Kabupaten Sintang meningkat setiap tahun, kendati demikan APBD itu  belum mampu mengakomodir semua  program pembangunan. Syahroni mengatakan dengan keterbatasan APBD yang dimiliki Kabupaten Sintang maka diharapkan penempatan anggaran tersebut dilaksanakan dengan bijak

“maka  seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang harus pandai mensiasati program kerja instansi setiap tahunnya sesuai dengan anggaran dimiliki dan pada skala yang prioritas,” ujar Syahroni saat berada di DPRD Sintang kemarin.

Dikatakannya lagi, tidak semua usulan kegiatan pembangunan fisik maupun dana pemberdayaan masyarakat bisa diakomodir sekaligus melalui APBD. Maka dari itu Politisi PKB ini meminta kepada pemerintah menyesuaikan APBD dengan prioritas program pembangunan seperti tercantum visi misi pembangunan.

“Karena dana itu terbatas maka harus dikelola dengan bijak, menitik beratan pada skala prioritas, kecil anggarannya tapi dampak yang dirasakan masrakat cukup besar, itu yang harus jadi perhatian pemerintah, supaya Alokasi APBD tepat sasaran,” pungkasnya

Dia menyebutkan bahwa APBD mempunyai peran yang sangat strategis untuk mendukung aktivitas Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang dalam menjalankan fungsinya, baik untuk menunjang pelayanan publik, implementasi   berbagai macam regulasi, meningkatkan pembangunan di berbagai sektor dan untuk pemberdayaan masyarakat.

APBD juga merupakan instrument teknis dari idealisme pembangunan yang ingin diwujudkan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang yang muaranya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya, dalam penyusunan dan pembahasannya, harus berpegang teguh pada prinsip efisiensi,efektifitas,ekonomis dan tepat sasaran.

“yang lebih penting lagi, bahwa APBD harus mencerminkan respon pemerintah terhadap kebutuhan – kebutuhan prioritas masyarakat, dan memiliki kapasitas, untuk menyelesaikan sebagian besar problem masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya jika anggaran tidak dikonsentrasikan di persoalan yang menjadi prioritas, maka hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah. Apalagi Kabupaten Sintang masih diselimuti berbagai persoalan diberbagai bidang, seperti Pendidikan, kesehatan dan Infastruktur yang masuh buruk. (mo)

Timot Timot
Tags

Related posts

Top