DPRD Sintang Dorong Peningkatan Kualitas Kesehatan

Anggota Komisi C DPRD Sintang, Yulius

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Yulius mengatakan , guna mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik, maka perlu dilakukan pengembangan sumber daya manusia (SDM) kesehatan yang memegang peranan penting. Pelayanan kesehatan profesional tidak akan terwujud jika tidak didukung oleh tenaga pelaksana yang mumpuni.

Dia mengutarakan bahwa tenaga kesehatan yang memiliki nilai profesionalitas dan integritas sangatlah penting sehingga memiliki daya saing yang tinggi untuk mengutamakan pembangunan kesehatan di daerah.

“Untuk terselenggaranya strategi profesionalisme harus dilaksanakan penentu standar kompetensi bagi tenaga kesehatan, akreditasi dan legitimasi tenaga kesehatan serta kegiatan peningkatan kualitas lainnya. Apalagi, itu kesehatan adalah prioritas utama yang akan berpengaruh pada sektor lainnya,” ujar Yulius kepada media ini, belum lama ini.

Maka dari itu, Yulius mengatakan pihaknya DPRD Kabupaten Sintang meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang melalui Dinas Kesehatan meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia  (SDM)tenaga Kesehatan yang sudah ada melalui pelatihan dan bimbingan teknis, dalam upaya untuk mewujudkan capaian kinerja serta mutu pelayanan puskesmas dan jaringannya, sesuai dengan standar pelayanan operasional. “usulah tersebut sebagai upaya peningkatan kualitas kesehatan di Kabupaten Sintang,” ujar nya

Saat ini alokasi anggaran untuk pelayanan kesehatan dasar tidak mencukupi, padahal penanganan kesehatan merupakan salah satu penanganan yang perlu ditindaklanjuti secara cepat dan tepat.  Politisi Hanura ini mengatakan Pemerintah Kabupaten Sintang dapat mengusulkan rencana kebutuhan sarana dan prasarana kerja sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada berdasarkan skala prioritas.  “karena kita juga tahu bahwa kemampuan APBD kita juga terbatas, namun kebutuhan di sektor kesehatan yang bersifat prioritas perlu di akomodir,” tukasnya.

Dikatakannya, kondisi tersebut merupakan bagian dari tantangan pemerintah daerah setempat untuk mampu meningkatkan fasilitas dan sarana kesehatan di Kabupaten Sintang.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan terwujudnya masyarakat Sintang yang sehat menjadi bagaian dari visi dan misi kepemimpinannya saat ini. Indikator tersebut tidak akan tercapai apabila kualitas kesehatan rendah. Peningkatan SDM tenaga kesehatan merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas kesehatan di Kabupaten Sintang.

“karena sesuai dengan visi pembangunan Kabupaten Sintang, kita ingin mewujudkan masyarakat Sintang yang sehat, dengan demikian maka kita ingin capai dengan melaksanakan pembangunan kesehatan yang menyeluruh, adil dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Sintang, dan juga tenaga kesehatan dipandang sebagai ujung tombak daripada pelaksanaan pelayanan kesehatan di Kabupaten Sintang,”  pungkasnya (mo)

Timot Timot

Top