Kelam Tourism Festival 2019 Diharapkan Sukses

Pimpin Rapat Persiapan, Bupati Sintang Ajak Semua Elemen Sukseskan Kelam Tourism Festival 2019

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Hendrika mengatakan kegiatan Kelam Tourism Festival 2019 akan dilaksanakan pada 8-14 Juli 2019 mendatang.  Festival ini akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti Terabas Motorcross, Bussines Forum, Air Gun (Senapan Angin), Rock Climbing, Bike To Kelam, Lari 10 KM, dan Lomba Burung Berkicau. Selain dihadiri sejumlah tamu undangan, pejabat Negara, kegiatan ini juga diyakini mampu menarik investor dan turis dalam dan luar negeri.

Hendrika  menyebutkan Kelam Tourism Festival 2019 juga akan semakin lengkap dengan adanya pelaksanaan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang pada 9-13 Juli 2019.

“saat pembukaan nanti kita akan menghadirkan artis Dayak Iban yakni Ricky Anderson dan  Tika Zein saat penutupan. Usai pembukaan, kita akan perkenalkan beberapa potensi wisata Kabupaten Sintang dengan membawa mereka langsung ke lokasi seperti wisata rohani, Betang Ensaid Panjang, dan sekolah orang utan,” kata Hendrika saat rapat persiapan pelaksanaan Kelam Tourism Festival 2019 di Ruang Kerja Bupati Sintang, pada Selasa (18 /06/ 2019)

“ Kami juga akan membuat spot foto di sekitar bukit kelam. Ini untuk memperkuat promosi bukit kelam. Kami mohon dukungan banyak pihak untuk mensukseskan agenda ini,” pinta Hendrika.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan Kelam Tourism Festival 2019 merupakan gawai besar dan sangat penting bagi Kabupaten Sintang, maka dari itu dia meminta setiap penanggungjawab kegiatan agar bekerja keras mempersiapkan diri dan saling berkoordinasi sehingga kegiatanya nanti berjalan lancar dan sukses.

“kita semua harus bekerjasama mempersiapkan, melaksanakan dan mensukseskan kegiatan ini,” tegas Jarot.

Jarot juga berharap seni budaya Dayak Desa bisa ditampilkan saat Kelam Tourism Festival 2019 nanti. Karena tempat pelaksanaan kegiatan sebagain besar merupakan masyarakat Dayak Desa.

“ Saat pembukaan nanti memang kita memberikan kesempatan kepada tokoh adat Dayak Kelam Permai untuk melaksanakan ritual adat pembukaan kegiatan. Kita akan buka ruang dan berikan kesempatan kalau ada seni budaya yang unik untuk ditampilkan selama kegiatan, seperti seni Budaya Dayak Desa supaya kegiatan ini semakin meriah dan menjadi magnet bagi turis dan investor” terang Bupati Sintang.

Ketua DPRD Kabupaten Sintang Jeffray Edward mengatakan sangat mendukung kegiatan pariwisata tersebut. Menurutnya salah satu sektor jasa yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekonomi daerah adalah sektor pariwisata. Pengembangan wisata akan meningkatkan penjualan produk lokal sehingga meningkatkan perekonomian warga setempat. Wisata yang dimanfaatkan sebagai salah satu cara promosi produk produk lokal yang ada dalam desa. Manfaat promosi ini juga akan meningkatkan status desa sebagai desa wisata sehingga akan memberikan manfaat timbal balik.

Apalagi, pada saat yang besamaan, kebupaten Sintang melaksanakan dua kegiatan sekaligus yakni, Gawai Dayak dan Kelam Tourism Festival 2019. Jefray yakin melalui dua kegiatan ini mampu menarik turis dari dalam dan luar negeri.

“keduanya adalah kegiatan yang mengandung budaya lokal dan menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Sintang, maka dari itu persiapan dalam kegaiatan ini harus dimatangkan,” pinta Jeffray.

Kegiatan tersebut kata Wakil Rakyat Dapil Kelam, Tebelian dan Dedai ini akan berdampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Masyarakat setempat dapat memanfaatkan moment ini untuk meraup keuntungan melalui penjualan kuliner dan pernak-penik khas lokal.

“kegiatan ini menjadi pusat keramaian, tentu menjadi peluang bagi masyarakat setempat untuk meraup keuntungan melalui promosi kuliner maupun Souvenir khas lokal,” pungkas Jeffray. (mo)

Timot Timot

Related posts

Top