Dewan Dorong Penyerapan APBD Sintang Kedepan Lebih Maksimal

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Fraksi Amanat Persatuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang menyampaikan Rekomendasi kepada Pemerintah Daerah melaui Pandangan Umum fraksinya  yang disampaikan Juru Bicara Fraksi, Ghulam Raziq dalam rapat paripurna ke-5 DPRD Kabupaten Sintang Masa Persidangan II tahun 2019 di Ruang Sidang Utama DPRD Sintang, pada Kamis (13/06/2019).

Ghulam Raziq mengatakan pihaknya menyarankan  agar pemerintah Kabupaten Sintang dapat memaksimalkan penyerapan anggaran sesuai target yang ditetapkan, sehingga realisasi anggaran tersebut memberikan dampak yang memberi manfaat terhadap kebutuhan masyarakat.

“berkaca pada tahun sebelumnya dari hasil pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Laporan pertanggugjawaban pelaksanaan APBD Sintang tahun 2018 masih menyisakan Silpa di Akhir tahun, atau penyerapan anggaran tidak 100 persen. Ini menjadi bahan evaluasi dan Kami berharap kedepanya ini tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Sebelumnya Fraksi PKPI juga menyoroti tentag realisasi APB Sintang yang kerap menyisakan silpa dua tahun belakangan ini.  “kita liat silpa selalu meningkat seperti tahun 2017 silpa sebesar 152,4 milyar dan tahun 2018 sebesar 245,7 milyar, jadi tahun ini jangan sampai ada silpa,” harapnnya.

Wakil Bupati Sintang Askiman, melalui Staf Ahli Bupati Sintang, Bidang Hukum, Sosial dan Politik, Syarifuddin  menyampaikan terimakasih atas saran dan masukan fraksi amanat persatuan. Dia mengatakan Pemerintah Daerah selain memaksimalkan penyerapan juga akan dimaksimalkan perencanaannya, karena dengan perencanaan yang baik dan terukur, maka akan menghasilkan output yang baik pula.

“Maka dari itu pemerintah Kabupaten Sintang akan terus menyempurnakan sistem pengelolaan keuangan daerah mulai dari musrenbang perencanaan penganggaran dan penatausahaan serta pelaporan yang lebih terukur dan transparan, selain itu tim evaluasi penyerapan realisasi anggaran pemerintah Kabupaten Sintang akan bekerja lebih maksimal,” pungkasnya.

“Atas saran, kritikan, usulan maupun himbauan dari seluruh fraksi Amanat Persatuan kami sampaikan terimakasih dan besar harapan kami bahwa kerjasama yang telah terjalin sangat baik antara eksekutif dan legislatif dapat terus tumbuh sehingga tercipta kondisi yang kondusif guna mendukung jalannya aktivitas pemerintahan, ekonomi dan pembangunan di Kabupaten Sintang,” tutupnya. (mo)

Timot Timot

Related posts

Top