Hermanto : Sidak Kehadiran Pegawai Jangan Hanya Pasca Libur

Habis Libur Panjang, Sekda Sintang Cek Kehadiran ASN Ke 5 OPD Pelayanan (Foto : Humas)

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-  Tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sintang  pada hari pertama masuk kerja pasca libur Lebaran Idul Fitri 1440 H mencapai angka 95 persen. Data tersebut disampaikan  Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah ungkap Yosepha Hasnah usai memimpin inspeksi mendadak kesejumlah kantor pelayanan masyarakat di Sintang, Senin (10/06/2019).

Wakil Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Hermanto menilai tingkat kehadiran ASN Sintang Pasca cuti lebaran ini sudah cukup baik, kendati demikian Hermanto mendorong supaya tingkat kehadiran itu ditingkatkan terus supaya bisa mendekati angka 100 persen.

“Kalu kita lihat perbandingan ari tahun lalu, ada peningkatan dan tentu  itu bagus,  artinya ada peningkatan kesadaran para pegawai untuk hadir pada hari pertama kerja usai liburan, hanya saja belum pernah menyentuh angka 100 persen,”kata Hermanto.

Hermanto mengatakan, p ihaknya selaku komisi DPRD yang membidangi pemerintahan mengharapkan tingkat kehadiran ASN  tersebut terus bertahan di hari kerja biasa, “ Sidak ini kan sudah terbaca, bahkan ada intruksi dari pusat agar dilakukan sidak. Sehingga ASN ini merasa  harus hadir karena tahu akan ada sidak di hari pertama masuk kerca pasca cuti bersama,” terangnya.

Hermanto menilai, Sidak tersebut baik adanya sebagai wadah pembinaan kepada Pegawai, namun guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat dan fungsi pengawasan pemerintah, sidak ke SKPD ini juga mesti dilakukan tidak hanya pada masa pasca libur hari –hari besar keagamaan seperti lebaran, natal dan tahun baru  saja. Hari hari biasa juga perlu di Sidak secara berkala sebagai fungsi pengawasan.

“Disini kita tentu tidak mencari kesalahan, tapi pembinaan melalui sidak itu agar pegawai yang digaji dari APBD ini meningkatkan kesadaran agar lebih disiplin dan meningkatkan tanggung jawab mereka selalu Pegawai pemerintah,” tukasnya. (Tim-Red)

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah juga mengapresiasi tingkat kehadiran pegawai Sintang tahun ini, dia pun berharap tingkat kehadiran ini terus dipertahankan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh kepala OPD yang telah berhasil memberikan himbauan kepada pegawainya untuk hadir pada hari pertama kita usai liburan idul Fitri tahun ini,” ungkap nya, Senin (10/06/2019).

Dia mengatakan hari libur yang cukup panjang, dikhawatikan masih ada ASN yang memperpanjang cuti.  Namun dari hasil Sidak, Yosepha meyebutkan tingkat kehadiran pegawai sudah 95 persen. “kehadiran 95 persen ini karena ada beberapa pegawai yang tidak hadir pada hari ini, namun mereka sudah izin, ada yang masih sakit ada juga yang masih dalam masa berkabung,” terangnya.

Dia menerangkan dari hasil sidak tidak ada pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan, “sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas kedisiplinan pegawai kabupaten Sintang, apalagi tingkat kehadiran ini meningkat dari sebelumnya,” pungkas Yosepha. (mo)

 

Timot Timot
Tags

Related posts

Top