Tuah: Penerima Beasiswa Pendidikan Pemkab Sintang Harus Orang yang Tepat

Anggota Komisi C DPRD Sintang, Tuah Mangasih, ST,. M.Si. FOTO:TIMO

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih meminta, agar beasiswa yang diberikan Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang benar-benar tepat sasaran sesuai dengsn orang yang sangat membutuhkan.

“Kita harapkan, yang menerima beasiswa ini benar-benar orang yang membutuhkan, anak-anak berprestasi dan juga punya niat yang tinggi untuk memperbaiki jenjang pendidikan,” ujar Tuah belum lama ini.

Sebagaimana diketahui, bahwa setiap tahunya Pemerintah Kabupaten Sintang rutin memberikan Beasiswa kepada pelajar di Sintang yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mencapai visi dan misi Bupatu dan Wakil Bupati Sintang, yakni mewujudkan masyarakat Kabupaten Sintang yang cerdas.

“Saya pribadi dan kelembagaan sangat mengapresiasi sekali program ini. Dengan adanya beasiswa ini pula, masyarakat berkesempatan menimba ilmu ke jenjang perguruan tinggi. Tentu ini salah satu cara Pemda Sintang untuk mewujudkan Visi sdan Misi Bupati dan Wakil Bupati Sintang, yakni menciptakan masyarakat Sintang yang cerdas,” jelasnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga berahap, dengan adanya beasiswa pendidikan tersebut dapat melahirkan bibit-bibit unggul yang ke depan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan Kabupaten Sintang.

“Tentu kita sangat mendukung sepenuhnya program ini. Diharapakan dengan beasiswa ini benar-benar dapat dimanfaatkan masyarakat kita untuk menimba ilmu sebaik mungkin, sehingga generasi penerus kita dapat bersaing dengan daerah lainnya,” harapnya.

Hanya saja kata Tuah, Pemda harus benar-benar selektif dalam memilih, sehingga yang menerima beasiswa tersebut benar-benar orang yang tepat. Pemda juga diminta transparan dalam memilih penerima beasiswa. Artinya penerima beasiswa harus benar-benar masyarakat yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan.

“Kita harapkan juga, setelah mereka menyelesaikan studinya nanti, agar dapat kembali ke Bumi Senentang untuk menerapkan ilmu yang selama ini mereka dapat dibangku kuliah. Intinya mengabdi untuk Kabupaten Sintang,” terang pria murah senyum ini.

Tuah juga memahami kuota yang ditetapkan untuk menerima beasiswa terbatas, hal tersebut dikarenakan menyesuaikan dengan ketersedian anggran yang dimiliki. Maka dari itu, ia berharap proram tersebut dapat ditingkatkan lagi ke depannya.

“Kalau berbicara anggaran memang tidak pernah dirasa mencukupi. Namun Pemda berupaya membagi anggran yang terbatas untuk memajukan dunia pendidikan di Sintang. Itu patut kita dukung sepenuhnya,” pungkas Tuah. (mo)

Timot Timot

Related posts

Top