Dewan Minta Guru Hasilkan Karya Buku

Ketua Komisi C DPRD Sintang, Herimaturida

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-   Tenaga pendidik Kabupaten Sintang diminta dapat menghasilkan karya buku yang dapat dibaca para peserta didiknya. Hal ini diharapkan agar dapat menjadi contoh ke depannya, sehingga dapat memajukan dunia pendidikan di Bumi Senentang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang,  Herimaturida. Ia berharap, setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang melalui Dinas Pendidikan telah mengadakan kegiatan Guru Menulis Buku (Gulisku), moment itu benar-benar dapat diaplikasikan secara nyata oleh para guru.

“Kompetensi guru dalam bidang penulisan dapat berjalan seiring dengan gerakan dewasa ini dan dapat menjadi peluang untuk berkarya pada penulisan fiksi maupun non fiksi,” ujarnya belum lama ini.

Upaya tersebut kata Herimaturida,  mendukung sepenuhnya rencana Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang untuk mewujudkan masyarakat Sintang yang cerdas. Maka dari itu, ia juga meminta peran guru haruslah aktif untuk mewujudkan wacana tesebut. Salah satunya dengan rajin menulis. Karena guru merupakan panutan.

“Saat ini siswa diwajibkan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Andai buku-buku yang dibaca siswa merupakan karya guru, tentu akan berimplikasi positif. Pertama, sudah pasti konten bukunya tepat sasaran sebab gurulah yang lebih tahu masalah siswa. Kedua, itu akan memberi keteladanan yang luar biasa, siswa akan berlomba ikutan menulis, meniru gurunya,” terangnya.

Memang kata Herimaturida, tak bisa dipungkiri kebiasaan menulis belum cukup baik dikalangan pendidik. Maka dari itu, hal ini perlu disadari dan diresapi oleh para tenaga pendidik, supaya ke depan dapat mewujudkan masyarakat Sintang yang cerdas. Ia juga berharap, pelatihan Guru Menulis Buku ini benar-benar dapat diaplikasikan oleh para guru. Jangan sampai begitu selesai workshopnya, tidak ada menghasilkan apa-apa.

“Mudahan para guru kita di Sintang ini mendapatkan pelajaran yang besar dari kegiatan tersebut, sehingga kebiasaan untuk menulis semakin meningkat,” harap Politisi Gerindra ini.

Kalau sudah begitu, maka kata Maturida akan berdampak positif untuk ke depannya, dimana para tenaga pendidik tersebut akan menjadi panutan yang baik bagi semua orang. “Sehingga dengan begitu untuk mewujudkan masyarakat Sintang yang cerdas dapat terwujud sesuai yang kita harapkan bersama,” pungkasnya. (mo)

Timot Timot

Related posts

Top