Dewan Tunggu Persentasi Terkait Peralihan Fungsi Terminal Tanjung Puri

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-  Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny mengatakan, bahwa tak jadi masalah, bahkan pihaknya setuju dengan pengalihan fungsi Terminal Tanjug Puri menjadi pasar.

Asalkan pengalihan fungsi itu, kata Ronny sudah dilakukan kajian oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang, dalam hal ini instansi terkait, dengan tujuan hasilnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Tidak masalah kalau sudah dikaji terkait pengalihan terminal itu, dan dari hasilnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Kita dari DPRD pasti setuju-setuju saja. Pada intinya harus lewat kajian terlebih dahulu, agar dapat diketahui hasilnya,” ujarnya saat ditemui di Kantor DPRD Sintang, Kamis (17/05/2019) lalu.

Selain itu, Ronny juga mengatakan, mungkin pengalihan tersebut tidak menghilangkan fungsi awal terminal sebagai tempat pelayanan masyarakat. Tapi bisa saja mengabungkan dua fungsi sekaligus, yakni terminal dan pasar juga.

“Saya menduga fungsinya seperti itu. Tapi tetap kita tunggulah persentasi nantinya dari Disperindagkop atau Dinas Perhubungan ke DPRD. Kita ingin tahu bagaimana konsepnya nanti,” jelasnya.

Politisi Partai Nadem ini juga meyakini, bahwa dialihfungsikannya terminal tersebut tak sembarangan. Pasti pemerintah sudah punya konsep yang matang dan jelas untuk perubahan yang lebih baik ke depannya. “Jadi kita tetap menunggu hasil kajian dan konsepnya seperti apa. Nanti kita juga akan tinjau dan survey dululah di lapangan ke masyarakat yang berada di kios-kios terminal itu,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, peralihan fungsi ini menimbulkan pro-kontra dikalangan masyarakat Bumi Senentang. Ada yang setuju dan ada juga yang tidak dengan peralihan fungsi ini.

Salah satu warga Kabupaten Sintang, Leony mengatakan, seharusnya pemerintah bisa melihat pengalaman yang sudah-sudah. Dimana contohnya Pasar Junjung Buih yang dibangun tiga lantai, namun hanya lantai dasar saja yang terisi. “Di lantai atasnya kosong, bahkan tampak tak terurus. Begitu juga pasar Kapuas Raya yang dibangun 2 lantai. Masih banyak juga yang kosong di lantai atasnya,” katanya.

Meski begitu dikatakannya, dengan dialihfungsikannya Terminal Tanjung Puri jadi pasar ini. Bisa saja memang pemerintah benar-benar mempunyai konsep yang jelas yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Ya mudahan saja benar-benar ada konsep yang bagus agar pengalihan fungsi itu benar-benar tepat. Namun saya juga mengharapkan, pasar-pasar yang ada sekarang ini digiatkan, sayang juga, sudah dibangun bagus sampai 3 lantai. Tapi hanya diisi sedikit pedagang,” pungkasnya. (mo)

Timot Timot

Related posts

Top