Dewan Minta Program Pemerintah Harus Tepat Sasaran

Anggota DPRD Sintang, Terry Ibrahim. FOTO: TIMO

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-  Berbagai program pemerintah untuk meringangkan beban masyarakat terus digalakan. Hanya saja, program-program tersebut diharapkan benar-benar tepat sasaran, sehingga penerima program tersebut benar-benar orang yang layaj mendapatkannya.

Seperti yang disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Terry Ibrahim. Ia meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang, agar dapat selektif membagikan sembako murah saat Operasi Pasar (OP).

Hal tersebut disampaikanya menjelang pelaksanaan Operasi Pasar yang akan dilaksanakan , Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Sintang  di Pasar Rakyat Kapuas Raya, Senin (13/05/2019) mendatang.

Terry mengatakan, hal tersebut perlu diperhatikan supaya yang mendapatkan bantuan kebutuhan bahan pokok itu benar-benar tepat sasaran yakni masyarakat yang kurang mampuh atau yang benar-benar membutuhkannya.

“Operasi pasar memang sudah sering dilaksanakan pemerintah daerah melalui instansi terkait terutama pada saat menjelang hari raya keagaman.  Tentu kita menyambut baik, mendukung dan berterimakasih sekali kepada Pemda Sintang dapat menggelar OP secara rutin setiap tahunnya. Namun kita harapkan kegiatan ini benar-benar tepat sasaran,” ujar Terry Ibrahim, Rabu  (10/05/2019).

Instansi terkait, dalam hal ini Disperindagkop dan UKM Sintang, kata Terry harus memiliki cara yang jitu, agar moment seperti ini jangan sampai dimanfaatkan oknum-oknum yang tak bertanggung jawab untuk meraih keuntungan pribadi.

“Ada pasar murah, lalu berebut semua ikut membeli. Padahal secara ekonomi ada yang tidak berhak menerima itu. Oleh karena itu, hal inilah yang benar-benar harus diperhatikan,” tegasnya.

Jangan sampai juga, kata Terry moment OP ini dimanfaatkan para pedagang untuk meraup keuntungan lebih besar, dengan ikut mengantri membeli kebutuhan pokok tersebut, lalu nanti dijual lagi dengan harga yang lebih mahal.

“Tentu itu merupakan tindakan yang tak terpuji. Oleh karenanya, kalau ada ditemukan seperti itu, dinas terkait harus menindak tegas, karena hal tersebut sungguh sangat merugikan masyarakat,” tambahnya.

Terlepas dari itu, Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sintang, dimana setiap Ramadhan selalu mengevaluasi harga barang di pasar. Namun dimintanya, apabila ditemukan harga bahan pokok yang memang naiknya terlampau tinggi, segera ditindaklanjuti.

“Kalau pun ada harga barang yang naik tidak sesuai harga pemerintah, tentu itu harus segera ditindaklanjuti. Instansi terkait saya harap juga tidak segan memberikan pembinaan di lapangan kepada para pedagang jika menemukan hal seperti itu,” pungkasnya. (mo)

Timot Timot

Top