Pemkab Sintang Keluarkan Edaran Atur Jam Kerja Selama Puasa 2019

Pemkab Sintang Keluarkan Edaran Atur Jam Kerja Selama Puasa 2019

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Pemerintah Kabupaten Sintang melakukan penyesuaian terhadap jam kerja aparatur sipil negara menghadapi bulan suci ramadhan 1440 Hijriyah dengan menerbitkan surat edaran nomor: 451/1307/BKPSDM-D yang ditandantangani Bupati Sintang Jarot Winarno tanggal 30 April 2019.

Pemkab Sintang menetapkan jam kerja tersebut sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 394 Tahun 2019 tanggal 26 April 2019 tentang penetapan jam kerja  pada bulan suci ramadhan 1440 H.

Penyesuaian jam kerja tersebut berlaku bagi ASN di Lingkungan Pemkab Sintang, instansi vertikal, BUMN, BUMD dan seluruh masyarakat. Adapun penyesuaian jam kerja dimaksud seperti jam masuk kerja mengalami perubahan seperti hari senin sampai Kamis yang biasa masuk jam 07.15-15.15 WIB dan ada jeda istirahat mulai jam 12.00-13.30 WIB, selama bulan suci ramadhan akan masuk pada jam 08.00-15.00 dan ada jeda istirahat mulai jam 12.00-12.30. Istirahat pada bulan suci ramadhan lebih singkat yakni hanya selama 30 menit, sedangkan lama istirahat pada bulan lain mencapai 90 menit.

Jam masuk kerja pada hari jumat pada hari biasa pada jam 07.15-15.15 WIB, maka selama ramadhan adalah 08.00-15.30 WIB dan ada jeda istirahat selama 60 menit yakni mulai jam 11.30-12.30 WIB.

Selain jam kerja, dalam surat edaran tersebut, Bupati Sintang juga  pada bulan suci ramadhan, minta apel senin pagi dan siang serta Jumat sore tetap dilaksanakan. Namun Bupati Sintang memerintahkan agar kegiatan olahraga selama bulan suci ramadhan ditiadakan.

“Bagi unit organisasi yang bertugas memberikan layanan langsung kepada masyarakat seperti rumah sakit, unit pemadam kebakaran dan pelayanan masyarakat lainnya, maka pimpinan organisasi bersangkutan harus mengatur pelaksanaan jam kerjanya sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan baik”pinta Jarot Winarno.

“Bagi ASN dan seluruh masyarakat yang tidak melaksanakan ibadah puasa agar menghormati dan toleransi kepada umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa” tambah Jarot Winarno.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Kurniawan menanggapi Surat Edaran tersebut menjelaskan bahwa Pemkab Sintang sudah menyiapkan agenda untuk menyambut bulan suci ramadhan seperti buka puasa bersama di rumah dinas bupati sintang dan rumah dinas wakil bupati sintang. “Kami juga sudah susun rombongan untuk safari ramadhan yang akan dipimpin oleh pejabat Pemkab Sintang yang muslim dan non muslim. Kita harus tunjukan bahwa kita tidak mau melihat perbedaan agama dalam melaksanakan safari ramadhan. Akan ada juga ceramah khusus bagi ASN setiap Jumat pagi selama ramadhan” terang Kurniawan.

__Terbit pada
05/05/2019
__Kategori
Sintang