Welbertus Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya di Pemilu 2019

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-  Selain aman dan damai, indikator sukses penyelenggran Pemilu 2019 di Kabupaten Sintang, yakni setidaknya 78 persen partisipasi pemilih. Hal tersebut disampaikan Bupati Sintang, Jarot Winarno.

Menanggapi hal itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus meminta masyarakat Bumi Senentang agar tidak Golput, agar indikator tersebut dapat dipenuhi.

“Satu suara sangat penting dalam menentukan nasib bangsa ke depan. Maka dari itu, jangan sia-siakan hak pilih kita masing-masing, pergunakan hak suara kita sebagaiman peruntukannya,” pintanya.

Lantaran bertepatan dengan hari raya Paskah 2019 saat pemilihan nanti, Welbertus berharap masyarakat khususnya umat Kristiani untuk menunda liburannya dulu. Kalau bisa nyoblos dulu baru liburan.  “17 April 2019 adalah hari bersjarah untuk kita, gunakan hak kita untuk memilih sosok pemimpin yang berkualitas. Jangan sampai Golput,” terangnya.

Selain itu, Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) menilai, KPU sebagai penyelenggara pemilu diharapkan dapat melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Misalnya dengan melakukan imbauan melalui sejumlah media, seperti media cetak, elektronik, radio, dan medsos. “Langkah itu penting untuk dilakukan, sebab tidak semua masyarakat kita mengetahui tata cara memilih pada Pemilu 2019. Maka dari itu perlu adanya sosialiasi yang gencar dilakukan,” jelasnya.

Terlebih untuk wilayah pedalaman. Apalagi kata Welbertus masyarakat akan dihadapkan dengan lima jenis surat suara. Tentunya ini merupakan hal yang baru bagi mereka. Dari itu sosialiasi terhadap tata cara mencoblos harus digencarkan. “Kalau bisa ada sesuatu unik dan menarik, sehingga membuat orang juga tertarik untuk datang ke TPS masing-masing,” katanya.

Welbertus juga tak menampik, bahwa berbagai persiapan terus dilakukan panitia penyelenggara dan instansi terkait agar Pemilu 2019 ini dapat berjalan aman dan damai. Ia juga meminta, KPU mesti dapat memaksimalkan  petugasnya di lapangan, sehingga dapat menggerakkan rakyat untuk turun ke TPS dan menyalurkan hak politiknya pada Pemilu 2019.

“Kita berterimakasih, sejauh ini KPU sudah bekerja maksimal terkait dengan tahapan yang ada. Mudahan ini berlangsung hingga selesai nanti, agar Pesta Demokrasi kita berjalan sesuai yang kita harapkan,” pungkasnya. (mo)

Timot Timot
Tags

Related posts

Top