Jeffray: Penerima Bansos Rasta Harus Tepat Sasaran

Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward. (FOTO:TIMO)

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward, meminta penerima Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) benar-benar orang yang tepat sasaran.

“Kita harapkan program dari pemerintah pusat ini tepat sasaran. Artinya penerima bantuan atau biasa disebut Keluarga Penerima Manfaat (KPM) benar-benar masyarakat yang membutuhkannya,”  kata Jeffray, baru baru ini.

Menurutnya, salah satu faktor pendukung penyaluran program ini, yaitu data yang up to date. Jeffray pun berharap, Dinas Sosial Kabupaten Sintang dapat terus mengupdate data-data KPM sebagai penerima Bansos Rastra. Sehingga data yang digunakan sama dengan kondisi sebenarnya di lapangan.

“Kita minta Dinas Sosial ini bisa melaksanakan pendataan yang matang sehingga bantuan pemerintah dari pusat maupun provinsi dan daerah bisa tersalurkan dengan baik,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, dengan data yang benar penyaluran bansos rastra dapat tereaisasi tepat sasaran dan bermanfaat bagi KPM. “Maka data KPM harus selalu update jangan gunakan data yang sudah lama atau data empat sampai lima tahun lalu,” terangnya.

Jeffray juga mengusulkan, supaya data KPM ini dapat diupdate setidaknya dua tahun sekali, hal ini menurutnya penting untuk mengetahui KPM yang sesungguhnya. “Karena dalam rentan waktu dua tahun itu bisa saja ada penambahan KPM atau sebaliknya. bisa saja yang dulunya layak mendapatkan Bansos, pasca dua tahun KPM ini ada peningkatan ekonmi yang sangat baik dan yang bersangkutan secara materil tidak layak lagi mendapat bantuan ini,” terangnya.

Program pemerintah pusat ini kata Jeffray harus didukung oleh penyelenggara, dinas terkait dan masyarakat, supaya realisasi epat sasaran. “Kita semua harus mendukung untuk mensukseskan program ini, supaya bantuan dari pemerintah ini betul-betul bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya.

Sebagaimaba diberitakan sebelumnya, Perum Bulog Sub Divre Sintang telah menyiapkan sekitar 226 ton beras setiap bulan untuk didistribusikan ke 22.634 keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) di 14 kecamatan di Kabupaten Sintang.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bulog Sub Divre Sintang, Maradona Singal belum lama ini. Dia mengatakan bahwa Penyaluran Bansos Rastra Tahun 2019 untuk wilayah Kabupaten Sintang sudah dimulai sejak awal bulan Februari lalu. (mo)

Timot Timot

Top