Jeffray Harapkan Pemilu Berjalan Aman dan Damai

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Polres Sintang menggelar kegiatan deklarasi damai pemilu tahun 2019 serta pelaksanaan Focus Grup Discussion (FGD) dengan tema bijak bermedia sosial dalam rangka mewujudkan pemilu yang damai tanpa hoax dan ujaran kebencian. Deklarasi damai dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang, Senin (11/03/2019).

Deklarasi damai ini dihadiri, Bupati Sintag Jarot Winarno, Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward, Kajari Sintang, forkopimda, Unsur TNI-Polri , KPU, Bawaslu, partai Politik, caleg peserta pemilu dan tamu undangan lainnya.

Bupati Sintang mengatakan Pemilu tahun ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah perjalanan demokrasi di Indonesia sejak di helat tahun 1955 silam. Dimana pemilu pada 17 april mendatang masyarakat yang memilik hak pilih pada pelaksanaannya akan mendapatkan 5 lembar kertas suara. Jarot khawatir hal itu bisa membuat masyarakat tidak mengerti seperti apa prosesnya karena pada kertas suarannya nanti hanya presiden dan wakil presiden yang tertampang gambar foto sementara untu surat suara yang lain seperti DPR RI,DPD,DPRD baik provinsi maupun Kabupaten/Kota hanya huruf yang tertulis sesuai nama masing-masing.

“saya kemarin ngopi dengan pemantau pemilu dari Kabupaten Melawi yang baru pulang dari sokan dimana disana di lakukan ujicoba dengan 100 kertas suara seperti bentuk asli kepada masyarakat di pedalaman di sokan, dari 100 itu yang benar cuman 6 dan 27 sah tetapi yang sah ini bukan nyoblos nama caleg tapi nyoblos partai, sisanya semuanya salah. jadi nuan tenang menyadik siapa yang sudah mengebu-gebu kampanya belum pasti terpilih karensa salah nyoblos”kata Jarot.

DPRD Kabupaten Sintang mengapresiasi Polres Sintang yang menginisiasi deklarasi penyelenggaraan Pilpres dan Pileg 2019 damai, aman, dan kondusif. Hal ini sebagai upaya melanjutkan keberhasilan pengamanan pesta demokrasi Pilgub 2018 lalu.

Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward mengatakan upaya Polres Sintang yang mengajak para tokoh penting dan politisi untuk melakukan deklarasi Pilpres dan Pileg Aman dan Kondusif merupakan langkah positif.

“Ini langkah yang positif,  Apalagi pesertanya  para  partai politik, peserta pemilu dan sejumlah ormas yang menjadi undangan. Deklarasi ini dilakukan untuk tetap menciptakan suasana aman, nyaman, dan kondusif di Kabupaten Sintang saat Pemilu 2019,” ujar Jeffray usai menghadiri kegiatan Deklarasi Damai Pemilu 2019 dan Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Polres Sintang bertempat di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sintang, Senin (11/03/2019).

Politisi PDI Perjuangan ini berharap penyelenggaraan Pilpres dan Pileg 2019 dapat berjalan dengan aman dan kondusif seperti pilgub Kalbar kemarin. Guna mewujudkan Pemilu ini supaya  dapat berjalan lancar perlu komitmen  semua pihak, terutama masyarakat maupun partai selaku peserta pemilu.

“Jadi  untuk mendukung Pemilu Damai otomatis sudah tercapai dengan pelaksanaan deklarasi ini. Sebab semua pihak yang terlibat di dalam pelaksanaan pemilu sudah berkomitmen akan hal tersebut,” pungkasnya.

Sebelumnya Jeffray juga turut membacakan Dekalrasi Pemilu Damai 2019, Kemudian turut menandatangai baliho Deklarasi Pemilu Damai bersama Bupati Sintang dan yang lainnya. Adapun isi dari Deklarasi Damai sebagai berikut.

Bahwa Kami ;

  1. Bersepakat menciptakan pemilu 2019 yang aman, damai, jujur, demokratis dan berintregitas di Kabupaten Sintang;
  2. Menolak dan mendukung penegakkan hukum terhadap segala bentuk penyebaran berita hoax, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi serta menolak isu-isu yang memecah belah kebhinekaan dalam pemilu 2019 di Kabupaten Sintang;
  3. Menolak segala bentuk kegiatan money politik, politik identitas dan negatif campaign;
  4. Menolak segala bentuk paham radikalisme, terorisme dan usaha- usaha yang mengganti ideologi pancasila dengan ideologi lain.
Timot Timot

Related posts

Top