Panen Kacang Panjang, Jarot Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Secara Maksimal

Panen Kacang Panjang, Jarot Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Secara Maksimal

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.,PH melakukan panen perdaha hasil kebun warga di Gang Gamajaya Desa Baning Kota Sintang, Jumat (22/02/2019).

“kita melihat kesadaran masyarakat kota, bahwa tanah ndak banyak sementara manusianya bertambah,” kata dr. Jarot. “sehingga kita harus mengoptimalkan lahan disekitar kita,” tegasnya lagi.

Menurut orang nomor satu di Sintang itu ada beberapa aternatif yang dapat dilakukan warga perkotaan dalam mensiasati minimnya lahan perkebunan. Dapat menggunakan system penanaman hidroponik, vertikal, polybag dan menggunakan pot.

“dengan adanya inisiatif kebun di pekarangan begini, kita harapkan ada bank sampah di lingkungan ini,” kata dr. Jarot lagi. “saya berharap hal ini dapat ditirulah oleh masyarakat yang lain bah,” harapnya.

Bupati dan rombongan dari Solidaridad memetik kacang panjang, tomat, cabai, terung dan sawi yang ada ada dipekarangan warga tersebut. Puluhan warga sekitar yang didominasi oleh ibu-ibu kelompok wanita tani ikut serta dalam kegiatan ini.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pula penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Sintang dengan Yayasan Solidaridad Network Indonesia. Memorandum of Understanding (MoU) tersebut berisi tentang kesepakatan kemitraan strategis kedua belah pihak dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Sintang.

The Solidaridad Country Manager for Indonesia, Mr. Kulbir Mehta mengungkapkan rasa terima kasih dan senangnya atas kerjasama organisasi yang dipimpinnya dengan Pemerintah Kabupaten Sintang.  Menurutnya kerjasama ini akan menajdi contoh yang baik dalam keikutsertaan untuk mengatasi emisi karbon dan melakukan pertanian-perkebunan yang berkelanjutan.

“kita juga berfokus pada peningkatan kesejahteraan petani,” kata Kulbir. “desa atau gang hijau kita harapkan kita tahun ini akan mendapat penghargaan dari kementrian lingkungan hidup,” tambahnya.

“kami berterima kasih juga karna Bapak Bupati sudah mempercayai kami dan Keling Kumang untuk menjadi mitra pembangunan di Kabupaten Sintang,” kata Kulbir di sambut dengan tawa hangat dari Bupati Sintang.

Turut hadir Bapak Gusti Mohhamad Hatta mantan Menteri Lingkungan Hidup dan Ristek pada masa pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono.

Tampak pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang, Darmanata; Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Veronika Ancili dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Zukarnaen serta sejumlah staff OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sintang.

__Terbit pada
22/02/2019
__Kategori
Sintang