Ini Pesan Bupati Sintang Kepada Jajaran KUA Sintang Saat Hadiri Tasyukuran Gedung Baru

Ini Pesan Bupati Sintang Kepada Jajaran KUA Sintang Saat Hadiri Tasyukuran Gedung Baru

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Dengan hadirnya gedung baru Kantor Urusan Agama Kecamatan Sintang maka kualitas pelayanan kepada masyarakat harus semakin meningkat, hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno ketika memberikan kata sambutan dalam kegiatan tasyukuran gedung baru Kantor Urusan Agama Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, yang terletak di Jalan Akcaya 3, pada hari Kamis, (31/1/2019).

Pada kesempatan itu pula, hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Ketua MUI Kabupaten Sintang, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Sintang, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Sintang, dan para tamu undangan lainnya.

Lanjut Bupati Sintang dalam sambutannya mengatakan bahwa Kantor Urusan Agama tidak hanya mengurus soal nikah-menikah, “kalau kami orang awam yang berbicara, fungsi dari Kantor Urusan Agama ini tau-nya hanya mengurus urusan menikah, padahal tugas pokok fungsi daripada Kantor Urusan Agama itu banyak”, kata Jarot.

Menurut sepengetahuan Bupati Sintang bahwa tugas pokok dan fungsi dari Kantor Urusan Agama itu ada sembilan, “pertama mengurus pernikahan, kemudian urusan kemitraan zakat dan infaq, urusan rukyat, urusan layanan informasi dan statistik, urusan manasik haji, urusan bimbingan konseling terkait pernikahan dalam mewujudkan pernikahan yang sakinah mawadah dan warahmah, sehingga banyak fungsinya”, sambung Jarot.

Selain itu juga, Jarot menginginkan bahwa Kantor Urusan Agama untuk bisa memberikan informasi dengan metode modernisasi, “tentunya tentang modernisasi dan moderasi umat saat ini, perlu kita tingkatkan dan bahwa masalah nikah saat ini semakin canggih, jadi kita di Kantor Urusan Agama harus mampu untuk mengikuti modernisasi tersebut dengan cara memfungsikan informasi-informasi tentang Kantor Urusan Agama dengan baik dan memfungsikan statistik dengan sebaik mungkin”, tambahnya.

Jarot menilai bahwa hadirnyaKantor Urusan Agama atau KUA berperan sangat penting bagi masyarakat, “Kantor Urusan Agama sangat penting karena untuk kita mendapatkan informasi tentang berbagai urusan, seperti urusan manasik haji, zakat, infaq, sedekah, jadi tempat ini sangat strategis untuk bertanya soal nikah juga”, ucapnya.

“dengan hadirnya fasilitas gedung baru Kantor Urusan Agama Kecamatan Sintang dihadarpkan dapat memberikan fasilitas pelayanan yang baik, sebab dengan adanya gedung baru maka semangat melayani masyarakat semakin meningkat”, harap Bupati Sintang.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Kabupaten Sintang, H. Anuar Ahmad mengatakan  bahwa Kantor Urusan Agama Kabupaten Sintang dibangun atas dasar bangunan yang lama sudah tidak representatif, “perlu diketahui bahwa Kantor Urusan Agama Kecamatan Sintang ini sudah beberapa kali pindah, kemudian kalau masih menggunakan kantor yang lama pelayanan yang kita berikan kurang maksimal, tapi dengan adanya gedung yang baru ini, kita bisa menunjukkan pelayanan yang terbaik di masyarakat dengan kondisi ruangan yang representatif”, kata H. Anuar Ahmad.

Menurut H. Anuar Ahmad bahwa gedung Kantor Urusan Agama Kecamatan Sintang yang baru ini memiliki beberapa ruangan termasuk ruangan akad nikah yang lumayan luas, “kita miliki gedung baru KUA yang representatif, pertama ada ruangan khusus Kepala Kua, ada ruangan tempat pelaksanaan akad nikah yang luas, ada ruangan staf, ada ruangan khusus penghulu, ada ruangan arsip, ada mushola, jadi ini sudah kita siapkan dalam rangka untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat”, tuturnya.

Sedikit menceritakan Kepala Kanwil Kemenag Sintang menyatakan bahwa di Kabupaten Sintang ini ada tujuh Kantor Urusan Agama yang berada di kecamatan dengan kondisi yang sangat memprihatinkan, “kita punya tujuh kantor urusan agama dengan kondisi bangunan yang sangat memprihatinkan karena rata-rata bangunan tersebut dibangun tahun 80-an, seperti KUA Ketungau Hulu, KUA Ketungau Tengah, KUA Kayan Hilir, KUA Kayan Hulum KUA Serawai, KUA Ambalau, KUA Tempunak itu semua kondisinya sangat memprihatinkan”, ceritanya.

“harapan saya, kedepannya melalui dana khusus pembangunan Kantor Urusan Agama agar dapat memberikan dana tersebut untuk membangun ataupun merehabilitasi KUA yang ada di Kecamatan-Kecamatan di Kabupaten Sintang”, harap Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Kabupaten Sintang.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat, H. Ridwansyah mengatakan bahwa dengan gedung baru diharapkan para pegawai KUA di Sintang dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, “kita syukuri semuanya Alhamdulillah semangat dalam peningkatan agama semakin tinggi, seperti pembinaan ibadah haji dan manasik haji, pernikahan dan sebagainya kita lakukan di gedung yang baru ini sehingga diharapkan pelayanan harus berjalan dengan lancar dan semakin baik kedepannya”, kata H. Ridwansyah.

__Terbit pada
01/02/2019
__Kategori
Sintang