Pemberkasan 192 CPNS Dideadline Sepekan

Palentinus

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Sebanyak 192 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sintang yang dinyatakan lulus telah diberi pembekalan oleh Kantor Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sintang, pada Senin (07/01/2019) terpenuhi semua.

“Jadi tadi mereka sudah kita kumpulkan semua pada pukul 8.30 hingga sampai 11.00 WIB, karena itu wajib. Mereka kita beri pengarahan untuk langkah-langkah selanjutnya,” ujar Kepala BKSDM Sintang, Palentinus, Selasa (08/01/2019

Setelah pengarahan itu, kata Palentinus, CPNS tersebut harus memenuhi pemberkasan yang diberi waktu dari tanggal 9-15 Januari 2019. Jika itu tidak dipenuhi, maka CPNS yang bersangkutan dinyatakan memundurkan diri.

“Syarat-syarat pemberkasan itu juga sudah kita sampaikan tadi.  Diantaranya, ijazah dari SD sampai S1, semua fotokopi. SKCK dan surat keterangan dokter,” terangnya.

Jika salah satu ijazah dari para CPNS yang lulus ada yang hilang, Palentinus mengatakan berarti harus ada bukti dari keterangan dinasi pendidikan, keterangan polisi bahwa memang benar hilang. Karena itu wajib dipenuhi.

“Waktu pendaftaran mereka hanya mengunakan ijazah S1.Jadi untuk pemberkasan ini semua ijazah harus lengkap,” terangnya.

Pemberkasan itu, katanya untuk usulan Nomor Induk Pegawai (NIP). Apabila NIP sudah keluar, maka CPNS yang bersangkutan sudah mulai aktif bekerja sesuai tempat mereka saat pelamaran.

“Setelah pengumpulan berkas tersebut, paling lama 1 bulan NIP sudah keluar. Tapi kita targetkan 1 Februari ini sudah kelar, sehingga mereka sudah aktif bekerja,” katanya.

Sejauh ini, kata palentinus tak ada kendala yang berarti, hanya saja pada saat pembekalan pengarahan, dirinya telah menekankan kepada CPNS agar benar-benar serius dapat menjalankan tugasnya nanti.

“Kalau memang tidak serius, lebih baik mengundurkan diri dari sekarang, karena masih banyak calon lain yang ingin jadi PNS tapi tidak lulus. Mereka masih menunggu apabila ada yang mengundurkan diri,” tegasnya.

Timot Timot

Related posts

Top