Dewan Sintang Minta Pemkab Segera Bantu Petani Lada

Anggota DPRD Sintang, Heri Jambri (Dok: Timo)

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Anggota DPRD Sintang Heri Jambri meminta pemerintah melalui instansi terkait segera menelusuri  akar permasalahan yang tengah di alami petani lada di kabupaten Sintang. Saat ini petani lada menjerit lantaran tanaman lada banyak rusak terserang penyakit.  Dampaknya, Petani lada mengalami banyak kerugian.

“maka pemerintah melalui instansi terkait harus telusuri akar masalah supaya bisa ada solusinya,” pinta Heri Jambri, Jumat (30/11/2018) kemarin.

Politisi Hanura ini berharap dinas Perkebunan dan Pertanian turun kelapangan mencari penyebab tanaman lada terserang penyakit. Pasalnya penyakit pada tanaman lada ini menular. Tidak sedikit tanaman lada masyarakat yang mati akibat penyakit tersebut.

” Ambil sampel dulu dan bawa ke lab atau semacamnya . Jangan dibiarkan, karena kalau dibiarkan ekonomi masyarakat akan lumpuh. Bagaimana dengan kehidupan masyarakat lagi,” ujar Heri Jambri.

Dia berharap permasalahan ini segera ditindaklanjuti oleh pemerintah. Apalagi saat ini sawit dan karet  harganya  murah. Langkah cepat pemerintah penting untuk  menyelamatkan petani lada dari potensi kerugian  yang lebih besar. Sehingga diharapkan tanaman lada tidak menambah beban masyarakat.

” Maka instansi terkait segera meneliti, kalau ketemu penyebab nya kemudian diatasi, kan tidak Sulit, dari pada pemerintah harus kasi rakyat makan,”  bebernya.

Sejauh ini kata Heri , dinas terkait belum ada melakukan penelitian khusus terhadap penyakit lada. Dari beberapa desa yang ia kunjungi upaya tersebut belum pernah ia dengar. Sebetulnya lada adalah potensi andalan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian.

“Maka permasalahan ini harus segera ditindaklanjuti pemerintah,” pintanya lagi. (Mo)

Timot Timot

Related posts

*

*

Top