Dewan Sambut Baik Kenaikan Gaji Guru Honorer

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Anggota DPRD Sintang, Welbertus mengatakan kebijakan Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) menaikan gaji guru honorer tentu sangat bagus, sehingga kesenjangan antara porsi kerja dan hasil yang didapatkan bisa merata dan maksimal. endati demikian, harus dipastikan anggaran tersedia untuk program tersebut.

“Karena kalau dibebankan ke APBD, tentu memberatkan,” kata Welbertus, Rabu (28/11/2018)

Welbertus mengaku baru mengetahui ada wacana kebijakan pemerintah pusat menaikan  gaji guru honorer. Menurut dia sudah selayaknya guru honorer ini mendapat gaji yang sesuai dengan kinerja, sehingga mereka dapat bekerja lebih maksimal dalam mendidik anak bangsa.

“Tentu kenaikan gaji merupakan angin segar bagi Guru honorer dan hal ini sudah lama dinantikan. Mereka patut mendapat penghargaan dari pengabdian mereka,” ucapnya.

Selama ini guru honorer sekolah digaji melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan alokasi dana 15 % dari dana BOS.  Hal ini karena disesuaikan dengan ketentuan penggunaan dana BOS supaya tidak melanggar hukum. Jumlah tersebut tentu tidak mencukupi untuk memberi upah yang layak kepada guru honorer.

Untuk itu Welbertus berharap ada payung hukum untuk menaungi sistem penggajian guru honorer yang diakomodir melalui dana BOS supaya tidak melanggar hukum.

“Buatkanlah payung hukum sehingga penggunaan dana Bos untuk menggaji Guru honorer tidak melanggar hukum,” pintanya.

Guru honorer hanya mendapatkan gaji berkisar Rp 300.000 hingga Rp 500.000 ribu saja perbulannya sesuai jam mengajar.  Menurut Welbertus, sebetulnya hal- hal yang tidak prinsip dalam dana Bos dapat dialihkan untuk menggaji Guru honorer. Sehingga gaji honorer dapat ditingkatkan.

” Katakanlah di sekolah tersebut sarana dan prasarananya sudah bagus , dibuatlah pengecualian untuk aturan itu supaya bisa dialihkan untuk gaji guru honorer,” bebernya.

Welbertus berharap guru honorer mendapatkan gaji yang layak sesuai dengan kinerja. ” Kita juga berharap program pemerintah untuk guru honorer dapat terlaksana dengan baik,” harapnya . (Mo)

Timot Timot
Tags

Related posts

*

*

Top