Dewan Dorong Generasi Muda Ciptakan Lapangan Kerja Setelah Lulus Kuliah

Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]- Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sangat diminati hampir semua masyarakat Sintang, terutama mereka yang baru lulus kuliah. Hal ini dibuktikan pada saat Pembukaan penerimaan CPNS Kabupaten Sintang beberapa waktu lalu jumlah peminat yang mendaftar mencapai ribuan orang, padahal yang dibutuhkan hanya 197 formasi .

Banyaknya animo masyarakat Sintang yang ingin menjadi PNS membuat Ketua DPRD Kabupaten Sintang Jeffray Edward meminta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) untuk menyiapkan generasi berjiwa wirausaha. Salah satunya dengan menyiapkan sejumlah pendidikan keterampilan.

Menurutnya selama ini generasi yang berjiwa wirausaha masih sangat minim sebab orientasi mereka begitu selesai kuliah ingin masuk PNS, padahal hal tersebut berbanding terbalik dengan peluang kerja untuk menjadi PNS. Belum lagi kebijakan penerimaan PNS juga belum tentu ada setiap tahunnya, semetara universitas setiap tahun selalau mencetak ribuan bahkan lebih sarjana baru.

“Untuk masuk PNS saja kita harus bersaing dengn orang luar, sementara peluang untuk menjadi PNS sangat sulit. Jadi generasi muda harus berjiwa wiraswasta sebab pelungnya masih banyak,” kata Jeffray, Senin (12/11/2018).

Sejauh ini lanjut Jeffray masyarakat masih menganggap pendidikan formal lebih penting dari pada pendidikan keterampilan sehingga membuat generasi muda lebih banyak sebagai pencari kerja bukan menciptakan lapangan kerja.

“Jadi, kedepan mainsed ini harus dirubah sehingga peluang untuk menciptakan lapangan kerja semakin terbuka lebar,”jelasnya.

Selain itu lanjut Politisi PDI Perjuangan ini juga mengapresiasi OPD yang selama ini telah melaksanakan pelatihan diberbagai bidang, hal tersebut perlu ditingkatkan supaya kedepan minat genersi muda semakin meningkat untuk menciptakan lapangan kerja sendiri,” harap Jeffray. (red)

__Terbit pada
12/11/2018
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya