Fraksi PDIP Berikan 19 Masukan Untuk Bupati Sintang

Juru Bicara Fraksi PDI Perjuangan, Agustinus

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Sedikitnya ada 19 masukan untuk Bupati Sintang yang disampaikan fraksi PDI Perjungan  ini dalam pandangan umum fraksi terhadap penyampaian nota keuangan dan rancangan peraturan daerah (Raperda) Kabupaten Sintang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2019.

Pandangan umum Fraksi ini disampaikan melalui Juru bicara fraksi, Agustinus dalam rapat paripurna ke-16 DPRD Sintang masa persidangan III  yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama DPRD Sintang pada, Senin (05/11/2018).

Dia berharap masukan dari pihaknya dapat menjadi pertimbangan pemerintah untuk Sintang lebih baik kedepannya. masukan yang tertuang dalam pandnagan umum fraksi ini mencakup bidang pendidikan, perekonomian, kesehatan dan infrastruktur.

“masukan yang kita sampaikan ini adalah kebutuhan dan kami harapkan pemerintah dapat mengakomodir,” ujarnya.

Pihaknya meminta kepada Bupati Sintang meningkatkan kerjasama dengan TNI-Polri untuk memastikan wilayah kabupaten Sintang selalu aman. Meminta kepada Bupati Sintang melalui dinas terkait untuk segera membuat zebracross di setiap depan sekolah. Meminta agar pemerintah daerah selalu fokus terhadap program nawacita Presiden Joko Widodo yaitu membangun pinggiran dan daerah terisolir.

“Meminta kepada Bupati Sintang melalui instansi terkait supaya bisa memprloritaskan pembangunan peningkatan sarana dan prasarana yang mendukung kota Sintang menjadi kota layak anak,” pintanya.

Fraksi PDI Perjuangan juga menyampaikan masukan dibidang pembangunan infrastruktur, dintaranya, meminta agar Bupati Sintang  bisa melanjutkan pengerjaan jalan dari Sungai Putih menuju Batu Lalau sampai dengan Desa Tanjung Kelansam.

“meminta juga agar jaringan PLN bisa masuk ke area tersebut agar masyarakat bisa menikmati buah-buah kemerdekaan,” ucap Agustinus.

Kemudian Fraksi PDI Perjuangan, meminta kepada Bupati Sintang supaya bisa mengerjakan jalan dari desa mail jampong menuju desa mungguk bantok sampai dengan desa tebing raya Kecamatan Sintang. Meminta kepada Bupati Sintang agar bisa menganggarkan pembangunan jalan dari desa mertiguana menuju desa Lalang baru sampai dengan dusun penyaguk 1 (satu) dan penyaguk 2 (dua).

Meminta kepada Bupati Sintang supaya bisa menganggarkan ruas jalan desa Sungai Lais menuju Desa Sungai Maram pada APBD tahun 2019,” terutama diwilayah transmigrasi blok M,” imbuhnya.

Fraksi PDI Perjuangan,jug minta kepada Bupati Sintang untuk segera melakukan Peningkatan jalan simpang tiga mensiku kecamatan binjai Hulu. Meminta kepada Bupati Sintang untuk mengangarkan Pembangunan ruas jalan kecamatan kelam permai dan pembukaan jalan baru dusun begub desa bengkuang menuju desa sungai labi. Dimlnta kepada Bupati Sintang untuk segera melakukan Peningkatan jalan beran menuju jelawai hingga ke ujung kulan desa karya jaya bakti kecamatan kelam permai. Diusulkan kepada pemerintah kabupaten Sintang untuk menganggarkan ruas jalan sepauk-lengkenat, ruas jalan penghubung desa tanjung ria menuju desa temiang kapuas, ruas jalan sp 2 menuju nanga pari dan jembatan sungai raya. Diminta kepada Bupati Sintang untuk melakukan Pembangunan jembatan sungai mali desa mengkirai jaya kecamatan dedai.

“meminta kepada Bupati Sintang supaya bisa terus membenahi drainase pasar kenyalang, sebab akibat dibongkarnya drainase tersebut telah berdampak pada penurunan omset para pedagang,” terangnya.

Diharapkan kepada pemerintah daerah agar di anggarkan pembangunan jembatan kayu Sungai Jabai Desa Bukai Tukun Kecamatan Ambalau melalui dana DAK atau DAU. Mengingat sungai ini sudah pernah ditinjau oleh Bapeda, Wakil Bupati Sintang, bahkan yang terakhir yaitu anggota DPR RI.

Diharapkan kepada pemerintah daerah agar menganggarkan rehab 3 unit perumahan guru yang ada di desa kepala jungai. Ini sudah tahun ketiga , fraksi pdi perjuangan selalu mempertanyakan kejelasan Mengenai pembangunan perumahan guru yang sudah sangat memprihatinkan |nl.

Diharapkan kepada pemerintah daerah agar dapat mempertanyakan kepada perkebunan sawit yang ada di kecamatan serawai dan ambalau khususnya di kecamatan ambalau yaitu pt ssa yang belum memberikan kepastian terhadap pembagian plasma, termasuk pabrik yang sudah ditentukan oleh aturan yang sudah ada dan juga pelaksanaan csr.

Dimohon kepada Bupati Sintang untuk dapat memberikan penjelasan mengenai progres pembangunan rumah adat betang serta target penyelesaiannya, mengingat pada tahun 2019 akan digunakan dalam kegiatan adat budaya terutama kegiatan pekan gawai dayak kabupaten Sintang tahun 2019.

Fraksi PDI Perjuangan sangat mendukung program dan pembangunan yang selama ini sangat dirasakan oleh masyarakat di kecamatan Serawai dan Ambalau. (Mo)

__Terbit pada
05/11/2018
__Kategori
Parlemen, Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya