Dewan Sintang Ajak Masyarakat Sukseskan Imunisasi MR

Anggota DPRD Sintang, K. Daniel B. (FOTO:TIMO)

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Anggota DPRD Sintang, K Danil Banai mengimbau kepada masyarakat  khusunya orang tua yang memiliki anak usia 1 – 15 tahun, untuk mendukung pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR) demi menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas.

“imunisasi ini penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadapat berbagai macam penyait,” kata Daniel saat dijumpai di DPRD Sintang, Rabu (24/010/2018).

Dia mengatakan baru-baru ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa mubah dalam hal penggunaan vaksi MR karena dinilai dalam kondisi darurat.

“memang dalam vaksin MR ini ada mengandung hewan babi, namuan MUI sudah mengijinkan, jadi tidak lagi menjadi persoalan,” ungkapnya.

Wakil Rakyat dari latar belakang medis ini menegaskan, Orang tua berkewajiban  memberikan hak anak untuk mendapatkan imunisasi dasar dan imunisasi lanjutan pada masa kanak-kanak hingga dewasa, serta imunisasi tambahan untuk menutup kesenjangan anti bodi yang ada di masyarakat untuk mencegah kejadian luar biasa.

“Artinya tidak hanya imunisasi MR, Imunisasi lainnya sejak baik harus diberikan secara lengkap,” pesannya.

Dia mengatakan bahwa imunisasi adalah salah satu program nasional dan masuk dalam standar pelayanan minimal yang harus dilaksanakan pemerintah daerah. “masyarakat juga harus mendukung program ini, karena berkontribusi positif bagi kesehatan generasi muda kita,” imbaunya.

Menurutnya, melaui kampanye MR kekebalan masyarakat terhadap penyakit Campak dan Rubella akan meningkat, sehingga penularan penyakit dapat dibatasi dan kejadian terhadap penyakit tersebut dapat menurun, serta cacat bawaan pada bayi yang baru lahir juga menurun sehingga kampanye MR memberikan hasil yang optimal.

Maka untuk mensukseskan program ini diperlukan peran serta masyarakat, supaya pemberian imunisasi ini mampu menjangkau semua lini,” pintanya. (Mo)

Timot Timot

Related posts

*

*

Top