Delapan Fraksi DPRD Sintang Sampaikan Pandangan Umum

Juru Bicara Fraksi PDI Perjuangan, Welbertus saat menyampaikan pandangan umum fraksinya. (foto: Timo)

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Delapan fraksi DPRD kabupaten Sintang menyampaikan pandangan umum fraksi atas Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sintang tentang perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Sintang Nomor 17  Tahun 2017 tentang APBD Sintang tahun anggaran 2018.

Pandangan umum fraksi tersebut disampaikan oleh masing-masing juru bicara faksi pada rapat paripurna ke-10  DPRD Sintang masa persidangan III tahun 2018, bertempat di ruang Sidang Utama DPRD Sintang, Rabu (10/10/2018).

Pandangan Umum Fraksi PDI Perjuangan disampaikan Oleh Welbertus. Fraksi Gerindra oleh Julian Sahri, Fraksi Nasional Demokrat oleh Hermanto, Fraksi Demokrat oleh Markus Jembari, Fraksi PKB oleh Boli, Fraksi Golkal oleh Melkianus, Fraksi PKPI oleh Hardoyo dan Fraksi Amanat Persatuan oleh Anton Isdianto.

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung  Ketua DPRD, Jeffray Edward, dihadiri Bupati Sintang, Jarot Winarno, Anggota DPRD Sintang, Kepala OPD, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD dan tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward menerangkan, pandangan umum fraksi DPRD merupakan tindak lanjut dari penyampaian nota keuangan dan Raperda tentang perubahan atas Perda no 17 tahun 2017 tentang APBD Sintang tahun anggaran 2018 oleh Wakil Bupati Sintang, Askiman, dalam rapat paripurna ke-9 pada, Selasa (09/10/2018) lalu.

“Sesuai norma hukum dalam pembentukan Peraturan Daerah sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Provinsi, kabupaten/ kota dan peraturan DPRD Sintang nomor 1 Tahun 2018 tentang tata tertib yang menyatakan pembahasan Raperda tersebut dilakukan oleh Badan Anggaran dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah,” terangnya.

Oleh karena itu, kata Jeffray sebelum dilakukan pembahasan, fraksi fraksi  DPRD Sintang harus menyampaikan pandangan umum terhadap nota keuangan dan Raperda tersebut.

“Pandangan umum fraksi tersebut sebagai bahan kajian dan pertimbangan untuk perencanaan pembangunan kabupaten Sintang kedepannya,” pungkas Jeffray.

Jeffray juga mengatakan pandangan umum fraksi-fraksi DPRD ini wajib direspon oleh pemerintah daerah.

“Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Sintang akan menyampaikan jawabannya terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD. Jawaban tersebut akan disampaikan dalam rapat paripurna selanjutnya dan dilakukan sebelum rapat kerja,” pungkasnya. (Mo)

Timot Timot

Related posts

Top