Dorong Pelayanan Maksimal, Pemkab Sintang Gelar Bursa Inovasi Desa 2018, Dibuka Bupati Sintang

Dorong Pelayanan Maksimal, Pemkab Sintang Gelar Bursa Inovasi Desa 2018, Dibuka Bupati Sintang

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Sebagai upaya mendongkrak  segala program pembangunan di pedesaan  yang bernilai inovatif , serta  mencari  inovasi baru yang belum tergali  di daerah pedesaan  Dinas   Pemberdayaan  Masyarakat dan  Pemerintahan  Desa  Kabupaten  Sintang   hari  ini  Rabu,03/10/2018  melaksnakan Acara  Bursa Inovasi Desa Kabupaten Sintang Tahun.2018  di  Halaman Halam Indor Apang Semangai Stadion Baning Sintang di hadiri Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH, sekaligus membuka  acara kegiatan.

Pada  acara  Bursa Inovasi Desa Kabupaten Sintang Tahun.2018  di  Halaman Halam Indor Apang Semangai Stadion Baning Sintang Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH, mengatakan  bahwa  thema  Peringatan HUT Proklamsi Kemerdekaan  ke.73 Tahun 2018 ini,  adalah  “Kerja Kita Prestasi Bangsa”

“sehingga  Pemerintah Kabupaten Sintang mewujudkan dengan berbagai  kegiatan dengan membangun berbagai sarana di daerah pedalaman maupun pedesaan seperti di Desa Kemantan telah memberikan dukungan   dana Pembangunan PLTMH melalui  dana APBD Tahun 2018, serta Desa Pahai Permai ada air terjun 7 tingkat juga membangun PLTMH , termasuk di beberapa desa lainnnya di daerah ini”  itu merupakan salah satu bentuk nyata kerja  kita ujar  Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH.

Selain itu , menurut  Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH,  termasuk di Desa Baras Nabun dan Desa Ratu  Damai Kecamatan Kayan Hilir  sedang  dibangun Jembatan gantung Rangka baja  Program Pemerintah Pusat”mohon pak kades bisa monitor kegiatan tersebut,  karena dengan  spek  ukurannya, harus bisa dilewati Mobil Ambulan , itu juga merupakan bentuk kerja kita, dan kalau semua kerja kita yang dilakukan ini , adalah merupakan Prestasi Bangsa”.

dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH,  menegaskan,  bahwa Indonesia maju bukan  karena obor yang besar  di Jakarta maupun di Kabupaten kota di Indonesia, namun karena lilin-lilin pembangunan  yang ada didesa-dsa  itulah Indonesia maju”jadi pas betul Themanya  adalah Kerja Kita Prestasi Bangsa , dan kita di desa diminta untuk  bias  berkreasi   dan berinovasi”

Sementara itu,  Kasi Pengembangan Ekonomi dan SDA dan TTG  Dinas   Pemberdayaan  Masyarakat dan  Pemerintahan  Desa  Propinsi  Kalimantan Barat Agus Suryono,SP   mengatakan,  bahwa Kabupaten sintanfg merupakan kabupaten yang ke.4 di kalimantan Barat yang melaksanakan Program Bursa Inovasi Desa ini, setelah Kabupaten Sekadau,  Sambas dan Kabupaten  Kubu Raya.

Selain itu ,  Kepala  Dinas   Pemberdayaan  Masyarakat dan  Pemerintahan  Desa  Kabupaten  Sintang  Herkulanus Roni ,SH.M.Si , dalam sambutannya menjelaskan ,   Bursa Inovasi Desa   ini merupakan program pusat yang ditetapkan melalui Keputusan  Menteri(KEPMEN) Desa  PDTT Nomor.83 Tahun 2017, sebagai panduan bagi para pihak  dalam melaksnakan perencanaan, pelaksnaan maupun pemantauan, yang pendanaannya  berasal dari  International Bank  For Reconstruction and Development (World Bank) atau Bank Dunia.”seperti  meningkatkan kualitas penggunaan Dana Desa melalui kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa yang inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat Desa, serta membangun kapasitas Desa yang mandiri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, telah menetapkan pedoman umum Program Inovasi Desa (PID)” .

Pada kegiatan  acara  Bursa Inovasi Desa Sintang Tahun.2018  di  Halaman Halam Indor Apang Semangai Stadion Baning Sintang Kabupaten hari  ini  Rabu,03/10/2018  selain dihadiri  Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH,  Ketua DPRD Sintang Jefray Edward, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang  Yosepha Hasnah, Dandim 1205 Letkol Inf  Rachmad Basuki,  Kasi Pengembangan Ekonomi dan SDA dan TTG  Agus Suryono,SP  Dinas   Pemberdayaan  Masyarakat dan  Pemerintahan  Desa  Propinsi  Kalimantan Barat,  Kepala  Dinas   Pemberdayaan  Masyarakat dan  Pemerintahan  Desa  Kabupaten  Sintang  Herkulanus Roni ,SH.M.Si,   Forkopimda,  Staf Ahli, Asisten, OPD,  Tim Konsultan Pendampin Desa, Para Pendampin Desa, Para Pendamping Lokal Desa, Tim Inovasi Kabupaten,  Kepala Desa serta Para Pengurus BPD.

__Terbit pada
03/10/2018
__Kategori
Sintang