Yosepha Hasnah : Pemimpin Harus Mampu Kelola Anggota

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Seorang pemimpin harus mampu menggerakan semua anggota organisasinya, pasalnya tanpa peran aktif anggota di dalam organisasi tersebut tidak akan mampu menunjang semua kegiatan yang ada di dalam organisasi. Hal tersebut disampaikan Sekda Sintang, Yosepha hasnah saat menghadiri pelatihan Organisasi Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 3 Sintang, di Aula SMA, Jumat (31/08/2018).

Sekda mengatakan seorang pemimpin harus mampu mengelola organisasi sebagai proses  memanfaatkan sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun sumber daya lainnya.

“Memanfaatkan sumber daya organisasi membutuhkan rangkaian kegiatan kepemimpinan yang disiplin” dan didasarkan pada ideal-ideal organisasi itu,” kata Sekda.

Melalui organisasi, para pelajar berlatih dan dituntut untuk mampu bekerja sama dengan orang lain. Artinya, mampu dan tahu kapan saatnya menempatkan posisi dirinya sebagai individu dan kapan harus lebih mementingkan kepentingan organisasi demi kepentingan bersama.

“Berhasil atau tidaknya sebuah organisasi juga sangat ditentukan oleh berbagai komponen dalam sebuah organisasi. Salah satu komponen penting dan menentukan keberhasilan tersebut adalah pemimpin,” ujar Sekda.

Lebih lanjut sekda mengatakan,  apabila OSIS dipandang sebagai suatu sistem, berarti OSIS sebagai tempat kehidupan berkelompok siswa bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

“Dalam hal ini OSIS insan cendekia dipandang sebagai suatu sistem, dimana sekumpulan parasiswa mengadakan koordinasi dalam upaya menciptakan satu organisasi yang mampu mencapai tujuan pembinaan kesiswaan di sekolah,” pungkasnya. (mo)

__Terbit pada
31/08/2018
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya