Bentengi Generasi Muda Sintang Dari Bahaya Narkoba

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sintang bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sintang mensosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba bagi pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Sintang.  Sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Bappenda Sintang, Kamis (30/8/ 2018) dibuka oleh  Staf Ahli Bupati Sintang Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Ir. Arbudin, M.Si.

Arbudin mengatakankegiatan sosialisasi tersebut adalah kegiatan yang sangat positif dan pihaknya sangat menyambut baik.

“telah kita ketahui bersama, bahwa penyalahgunaan narkoba terbukti telah merusak masa depan bangsa di Negara manapun termasuk di Indonesia,” ungkap Arbudin.

Dia menyebutkan bahwa jumlah pengguna narkoba saat ini mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, dan yang menjadi sasarannya adalah anak muda yang produktif. Ketakutan pemerintah berkaitan dengan narkoba karna dampaknya yang dapat melumpuhkan sendi-sendi pembangunan nasional. Ia juga menjelaskan bahwa kejahatna narkoba merupakan sebuah tindak kejahatan yang luar biasa dan serius.

“Pemerintah Kabupaten Sintang memiliki komitmen yang kuat terhadap upaya memerangi narkoba, oleh karena itu kita terus mengupayakan pencegahan dan pemebrantasan penyalahgunaan narkoba di wilayah Kabupaten Sintang,” ungkapnya.

“kami mangajak seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Sintang untuk bekerja sama lebih keras lagi dalam memberantas bahaya narkoba sampai tuntas,” tegas Arbudin lagi.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang, Drs. Budi Harto, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan utnuk menyebarluaskan informasi dan memberikan pemahaman kepada para mahasiswa, siswa dan siswi sekolah menengah akan bahaya narkoba. Menurutnya, kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kenakalan remaja dan penyalahgunaan serta peredaran narkoba di Kabupaten Sintang.

“kami harapkan anak-anak muda, pelajar mahasiswa ini bisa lebih mengerti akan bahaya narkoba, lalu mereka bisa membagikan ilmu yang didapat hari ini kepada teman-temannya,” ujar Budi. “kali ini kita hadirkan kurang lebih 90 orang peserta dari berbagai sekolah dan kampus yang ada di Sintang,” pungkasnya.

Seminar sehari ini menghadirkan 3 orang narasumber. Dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sintang, Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dan Satuan Narkoba Polres Sintang.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kabupaten Sintang, Hasran Basri usai memberikan materi  mengatakan sosialisasi tersebut penting untuk disampaikan kepada generasi muda supaya generasi muda tidak terlibat penyalahgunaan narkoba. Sosialisasi tersebut untuk meningkatkan pemahaman generasi muda akan bahaya narkoba.

“Ini upaya kita untuk memproteksi generasi muda kita dari bahaya penyalahgunaan narkoba, karena generasi muda sangat rentan,”  ujar Hasran Basri

Saat ini kata Hasran, Indonesia dinyatakan darurat Narkoba. Narkoba tersebut sudah menyebar hingga wilayah pedalaman. Penduduk Indonesia yang saat ini berjumlah sekitar 250 juta jiwa menjadi pontensi pasar narkoba.  “Penyalahgunaan Narkoba di Indonesia sekitar 4 juta jiwa,” ujar Hasran

Dikatakanya Narkoba mengantongi daya rusak yang lebih serius dari korupsi dan terorisme. Selain dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada otak, penyalahgunaan narkoba juga berdampak negatif bagi perilaku.

“Mereka yang kecanduan narkoba memiliki ketergantungan, untuk mendapatkan stok mereka harus punya modal cukup besar. Ketika kehabisan modal mereka akan nekat melakukan apa saja termasuk melakukan tindakan yang melanggar hukum  untuk mendapatkan barang haram tersebut, seperti tindakan kriminal mencuri atau menjadi pengedar narkoba,” ujarnya.

Maka dari itu kata Hasran, generasi muda Indonesia harus dijauhkan dari penyalahgunaan narkoba, karena mereka penerus bangsa ini. Upaya pencegahan ini juga harus dkantongi dari lingkungan yang paling kecil mulai dari Keluarga hingga lingkunga yang lebih luas.

“Sosialisasi ini adalah upaya kita memberikan proteksi dini kepada generasi muda kita, dalam hal ini peran orang tua dirumah dan guru disekolah sangat penting menyelamatkan generasi muda dari penyalahgunaan narkoba, “pungkasnya. (mo)

__Terbit pada
30/08/2018
__Kategori
Sintang

Penulis: Admin Media Kapuas Raya