Saat Buka Lomba Masak Bahan Utama Ikan, Jarot Winarno Kampanyekan Konsumsi Ikan

Saat Buka Lomba Masak Bahan Utama Ikan, Jarot Winarno Kampanyekan Konsumsi Ikan

Sintang-www.mediakapuasraya.com-Sebagai salah satu upaya untuk mensosialisasikan gemar makan ikan dan upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan, pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Ketahanan Pangandan Perikanan Kabupaten Sintang menggelar lomba masak bahan utama ikan tingkat Kabupaten Sintang yang di buka langsung oleh Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH di Gedung Pancasila Sintang Selasa (7/8/18).

Jarot mengatakan dirinya sangat menyambut baik adanya lomba masak bahan utama ikan tersebut, terlebih konsumsi ikan di Kabupaten Sintang saat ini sangat rendah yakni hanya sekitar 28 kilogram perorang pertahunnya. “kalau angka rata-rata nasional itu 35 kilogram perorang per tahun, kalau di Indonesia timur tu daerah nelayan tukan sampai 40 kilo makanya orang Indonesia timur itu kan cerdas, tumbuhnya bagus-bagus kan itu dia banyak makan ikan kan”kata Jarot Winarno. Untuk itu jarot meminta Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan meningkatkan konsumsi ikan di kabupaten sintang dengan berbagai cara seperti pemeliharaan ikan dalam kolam tarpal, kerambak dan upaya lainnya serta mensosialisasikan gemar makan ikan.

Pria yang memiliki latar belakang pendidikan dokter tersebut pun menjelaskan bahwa manfaat menkonsumsi ikan sangat banyak bagi tubuh manusia karena di dalam daging ikan tersebut terdapat lemak omega3 yang dapat membantu pertumbuhan otak, pertumbuhan tulang, pertumbuhan otot dan sendi-sendi, jika sering menkonsumsi ikan juga bisa mencegah serangan jantung, mengurangi depresi serta manfaat lainnya. Selain memimilik manfaat yang cukup banyak, ikan juga ungkap jarot mudah di dapat, asalkan jangan malas. “ikan itu juga bisa di dapat dengan usaha sendiri bah, dengan mancing, nyala, jermal, pukat ye nda, kalau pun harus beli harganya pun lebih murah dari daging sapi, labih murah dari ayam kampung, ngape orang kitani lebih banyak makan daging sama ayam, cobalah ikan utamakan”imbuh jarot.

Ditambahkan jarot bahwa tidak hanya dinas atau instansi terkait saja yang harus mensosialisasikan gemar makan ikan atau pun upaya untuk meningkatkan konsums ikan, namun hal itu semua harus keterlibatan semua pihak di Kabupaten Sintang, sabagai contoh yakni TIM Penggerak PKK Kabupaten Sintang, media baik cetak, elektronik maupun medsos, telebih saat ini kemajuan dan perkembangan teknologi sangat pesat sehingga mudah untuk di manfaatkan.

Hal yang sama di ungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang Zulkarnaen, ia mengatakan kegiatan lomba masak bahan utama ikan tingkat Kabupaten Sintang ini merupakan sebagai upaya untuk mensosialisasikan gemar makan ikan dan upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan seperti yang telah di jelaskan Bupati Sintang saat membuka kegiatan tersebut. “kemudian yang lainnya kita menggalakan budi daya ikan dari kerambah, dari kolam pakai terpal kemudian kolam-kolam yang ada di kecamatan itu kita sebarkanbenih-benih ikan itu namanya restocking, kemudian juga ada yang namanya ikan tangkap yang di peroleh dari masyarakat nelayan yang nangkap-nangkap ikan di sungai itu kita tingkatkan juga”kata Zulkarnaen.

Zulkarnaen menjelaskan untuk perlombaan kali ini semua peserta menggunakan bahan ikan gabus dengan proses memasaknya sesuai dengan kreasi dan kreativitas masing-masing peserta dalam mengolah ikan gabus tersebut. “kenapa kita menggunakan ikan gabus hari ini karena kandungan albumin pada ikan gabus sangat tinggi yang memilik banyak manfaat yang saya tau ada 14 manfaat seperti bisa menyembuhkan orang yang baru operasi, penyakit gula dan penyakit lainnya”tambah Zulkarnaen.

Kegiatan tersebut turut di hadiri Assisten II Setda Sintang Henri Harahap, sejumlah unsure Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sintang, pengurus PKK Kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang dan unsure terkait lainnya.

mediakapuasraya

Top