Dewan Sintang Prihatin Rumah Dinas Bupati Sintang Terbakar

SINTANG [www.mediakapuasraya.com]-Anggota DPRD Sintang Hermanto mengaku prihatin dengan musibah kebakaran yang menghanguskan Rumah Dinas Bupati Sintang dini hari tadi.

Pagi-pagi sekali Wakil Rakyat Sintang ini sudah berada di lokasi kejadian, Kamis (26/07/2018).

“Saya kaget ketika mendapat informasi kebakaran dan nyaris tidak percaya, di media sosial pontingan itu semua yang muncul, kemudian saya meluncur ke sini,” ujanya saat berada di lokasi kebakaran.

“atas kejadian ini saya merasa prihatin. Peristiwa kebakaran ini adalah musibah murni yang tidak dapat kita duga kapan akan datang,” tambah legislator Nasdem ini.

Hermanto mengatakan Rumah Dinas Bupati tersebut merupakan cagar budaya Indonesia  peninggalan Belanda. Bangunan tersebut terbuat dari material kayu yang sulit didapatkan pada saat ini. Material bangunan yang mudah dilalap api tersebut membuat upaya pemadaman sulit dilakukan.

“Bangunan ini bukan sekedar Rumah Dinas namun cagar budaya, saya berharap cepat dibangun kembali layaknya sedia kala sehingga nilai-nilai budaya tetap terpelihara,” ungkap Hermanto.

Baca: Rumah Dinas Terbakar, Bupati Sintang Sampaikan Permohonan Maaf

Baca: Rumah Dinas Bupati Sintang Jadi Arang

Wakil Ketua DPRD Sintang Terry Ibrahim juga mengaku prihatin dengan peristiwa kebakaran tersebut. Dia berharap  Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang segera mencari solusi untuk menyediakan bangunan sementara yang dapat dimanfaatkan Bupati Sintang dalam melaksanakan aktivitas diluar kantor.

“Selama ini Rumah Dinas Bupati Sintang selalu ramai didatangi tamu, hampir setiap menit Bupati kita ini (Jarot Winarno.red) menerima tamu baik tamu pemerintahan maupun masyarakat umum,” kata Terry.

“Ini penting kita perhatikan karena menerima tamu itu bukan hanya dikantor, kalau dikantor akan menggangu jam kerja. Bupati Sintang harus punya rumah dinas yang representativ untuk memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat,” tambahnya.

Dia juga berharap Rumah Dinas Bupati ini dapat segera dibangun kembali. Pihaknya selaku DPRD akan sangat mendukung  baik dalam tahap penggagaran dan pembahasan.

“ini harus kita anggarkan untuk dibangun kembali, sebab bagaimanapun Rumah Dinas Jabatan Bupati ini sangat penting,” bebernya.

Dia juga berharap desing bangunan baru Rumah Dinas ini nantinya tetap menitikberatkan pada pelestarian cagar budaya. “Ruma Dinas inikan peninggalan sejarah, kita harapkan dibangun serupa supaya nilai-nilai sejarahnya tidak hilang,” pungkasnya. (mo)

Timot Timot

Related posts

Top